Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemda Diminta Dampingi Pedagang Kecil Dan Mikro Yang Dapat Bantuan

Selasa, 5 Oktober 2021 22:56 WIB
Anggota Komisi XI DPR Marsiaman Saragih tengah menyerap aspirasi masyarakat di Kampar, Riau. (Foto: Ist)
Anggota Komisi XI DPR Marsiaman Saragih tengah menyerap aspirasi masyarakat di Kampar, Riau. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada kabar baik bagi pengusaha usaha mikro dan kecil yang terkena dampak Covid-19. Pemerintah kembali mencairkan Program Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM sebesar Rp 1,2 juta.

Anggota Komisi XI DPR Marsiaman Saragih meminta Pemerintah Daerah (Pemda) agar memberikan penyuluhan dan pendampingan kepada para pengusaha kecil dan mikro yang mendapat bantuan modal dari pemerintah.

Langkah itu perlu dilakukan agar bantuan tersebut betul-betul digunakan secara produktif dan tidak habis pakai untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca juga : Ketua DPD: PON XX Momentum Kesatuan Dan Persatuan Bangsa

"Bantuan tersebut bisa digunakan untuk menambah modal usaha atau merapikan lapak-lapak mereka yang kurang layak sehingga rapi," ujar Marsiaman dalam keterangannya, Selasa (5/10).

Menurut Marsiaman program BLT UMKM sebesar Rp 1,2 juta merupakan strategi pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi nasional untuk membantu pelaku usaha mikro agar bertahan dan bangkit di tengah pandemi Covid-19.

Syarat mendapat bantuan modal tersebut kata Marsiaman juga mudah. Tinggal melampirkan KTP, Kartu Keluarga (KK), tempat usaha dan keterangan tidak mendapat bantuan modal lain dari pemerintah.

Baca juga : KAI Tangsel Akan Bikin Posko Bantuan Hukum

Selanjutnya, diajukan ke Dinas Koperasi dan UMKM di masing-masing daerah untuk dilakukan verifikasi lebih lanjut.

"Bila disetujui bantuan disalurkan melalui BNI atau BRI. Nantinya masyarakat bisa mengambil uang di dua bank tersebut," kata wakil rakyat asal Dapil Riau 2, yang meliputi Kampar, Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Kuansing itu.

Tidak hanya itu, kata politikus PDIP ini, bantuan pemerintah selama pandemi juga beragam seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT), subsidi upah, Program Keluarga Harapan (PKH), kartu sembako, bantuan sosial tunai (BST), hingga kartu prakerja.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.