Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Arsul Sani Luncurkan Buku Relasi Islam Dan Negara

Rabu, 27 Oktober 2021 07:51 WIB
Wakil Ketua MPR Arsul Sani saat bedah buku Relasi Islam dan Negara, Perjalanan Indonesia di Media Center MPR/DPR/DPD, Lobi Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen Jakarta, Senin (25/10). (Foto: Ist)
Wakil Ketua MPR Arsul Sani saat bedah buku Relasi Islam dan Negara, Perjalanan Indonesia di Media Center MPR/DPR/DPD, Lobi Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen Jakarta, Senin (25/10). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Arsul Sani meluncurkan buku Catatan dari Senayan 2: Relasi Islam dan Negara, Perjalanan Indonesia. Buku ini berisi catatan hasil dialog, diskusi, perdebatan Arsul Sani dengan berbagai kelompok Islam terkait dengan hubungan Islam dan negara dalam konteks Indonesia.

MPR menggelar bedah buku ini di Media Center MPR/DPR/DPD, Lobi Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen Jakarta, Senin (25/10).

Bedah buku ini menghadirkan narasumber Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah, Guru Besar Sejarah Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Prof Dr Azyumardi Azra, Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof Dr Lili Romli, dan Pakar Komunikasi/Informasi Politik Abdul Rahman Makmun.

Baca juga : Tari Saman Meriahkan Resepsi Diplomatik Indonesia Di Beirut

Arsul menjelaskan, catatan-catatan itu berasal dari diskusi, sosialisasi empat pilar MPR, dialog reses, seminar dan pertemuan-pertemuan dengan berbagai elemen masyarakat. Sebagai anggota MPR/DPR dari Fraksi PPP, Arsul juga sering berada dalam satu forum untuk berdiskusi, berinterkasi, dan mengkaji dengan berbagai kelompok umat Islam mulai dari yang paling kanan sampai yang paling kiri terutama terkait dengan Islam dan negara.

"Saya punya hobi seperti wartawan, menulis dan mencatat. Tumpukan catatan itulah yang kemudian menjadi bahan buku ini," kata Arsul yang pernah membantu majalah Panjimas.

Semua catatan itu kemudian diperkaya dan diberi referensi dengan bantuan staf ahli dan tim di Kesekretariatan MPR RI.

Baca juga : Bamsoet Tantang Arsul Sani Tulis Buku Relasi Islam Dan Haluan Negara

Fahri Hamzah menilai buku karya Arsul Sani ini hadir di momen yang tepat dengan figur yang tepat. "Ini adalah otentifikasi dari PPP sebagai jalan tengah dalam melihat relasi antara Islam dan negara," ujarnya.

Bagi Fahri, buku ini menjelaskan relasi Islam dan negara yang paling komprehensif yang ditulis oleh politisi bukan akademisi. "Saya mengatakan buku ini komprehensif dan bagus sekali untuk mahasiswa dan juga untuk sosialisasi Empat Pilar MPR," sambungnya.

Menurut Fahri buku ini telah men-tracking sejarah dari agama dan negara dalam persepsi Islam. Dalam buku ini ada tiga pilihan relasi Islam dan negara, yaitu  mengintegrasikan agama dan negara menjadi negara agama, atau simbiosis  agama dan negara, dan sekuler.

Baca juga : Principal Luncurkan Program Investasi Reksa Dana Syariah

"Pilihan yang kita ambil sebenarnya adalah simbiosis yang mendekat kepada integrasi," ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.