Dewan Pers

Dark/Light Mode

Komisi IV DPR Apresiasi Petani Banyuasin Semangat Kembangkan Pertanian

Rabu, 27 Oktober 2021 19:20 WIB
Direktur Perlindungan Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Inti Pertiwi Nashwari (tengah) saat mendampingi kunjungan kerja reses Anggota Komisi IV DPR Riezky Aprilia di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Rabu (27/10)/Ist
Direktur Perlindungan Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Inti Pertiwi Nashwari (tengah) saat mendampingi kunjungan kerja reses Anggota Komisi IV DPR Riezky Aprilia di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Rabu (27/10)/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Di masa reses sidang I Tahun Sidang 2021-2022, anggota Komisi IV DPR dari Fraksi PDIP Dapil Sumatera Selatan 1, Riezky Aprilia melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banyuasin.

Riezky mengunjungi Kelompok Tani Serumpun dan Setia Tani di Kecamatan Suak Tapeh sebagai penerima bantuan benih cabe, dan Kelompok Wanita Tani Rampai Talang di Kecamatan Banyuasin III sebagai penerima bantuan bawang merah.

Pada kunjungan ini, Riezky melakukan diskusi dan menyerap aspirasi dari petani dan petugas lapang, terdiri dari penyuluh pertanian lapang, pengendali organisme pengganggu tumbuhan, dan pengawas benih tanaman.

“Saya sangat mengapresiasi semangat para petani terus mengembangkan pertanian, terutama komoditas cabe dan bawang merah. Menyambut semangat ini, saya juga akan terus berusaha memperjuangkan kepentingan serta apresiasi petani melalui kebijakan dan program yang bersinergi dengan Kementan,” ujar Riezky.

Berita Terkait : DPR Harap BUMN Holding Pariwisata Pulihkan Ekonomi Nasional

Pada kunjungan ini, Riezky didampingi Direktur Perlindungan Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Inti Pertiwi Nashwari beserta UPTD Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura, UPTD Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Provinsi Sumatera Selatan, serta Dinas Pertanian Kabupaten Banyuasin.

Inti turut mengapresiasi semangat petani serta berjanji membantu petani dari sisi pengendalian OPT, baik secara teknis maupun kebijakan di tingkat nasional. 

“Program gerakan pengendalian secara ramah lingkungan, pengembangan klinik PHT, serta penanganan Dampak Perubahan Iklim akan terus dikawal agar bermanfaat secara langsung bagi petani,” ungkap Inti.

Kekuatan dan semangat gotong royong petani dengan seluruh stakeholder, termasuk Kementan, selalu dianggap menjadi bagian penting dalam strategi utama memajukan kesejahteraan petani oleh Menteri Pertanian (Mentan)Syahrul Yasin Limpo. 

Berita Terkait : Banyak Cara Untuk Selamatkan Garuda

Syahrul menegaskan, keberadaan negara harus bisa melakukan social engineering dalam menyemangati para petani, agar terus berprestasi dalam bekerja dan semangat melaksanakan tugasnya.

“Tantangan pasti ada ke depannya dan kita harus menjadikan tantangan ini sebagai bagian yang harus dicari solusinya bersama,” katanya.

Melalui kesempatan ini, Inti juga menyerahkan secara langsung bantuan benih hortikultura kepada Kelompok Tani Serumpun, serta bahan informasi untuk menambah pengetahuan bagi petugas lapang dan petani. 

Sementara, Riezky kembali mengatakan, akan terus bekerja sama dengan Kementan yang menjadi mitranya untuk lebih memprioritaskan program dan kebijakan yang memihak petani. Terutama untuk perkembangan pertanian hortikultura di Provinsi Sumatera Selatan.

Berita Terkait : Dasco Minta Polri Tindak Tegas

Petani dan petugas merasa lebih semangat lagi dengan adanya kunjungan ini, karena merasa pemerintah ada di dekat mereka dan mendukung langsung serta mau menyerap aspirasi langsung petani. 

Petani dan kelompok tani berharap adanya bimbingan teknis secara berkelanjutan dari pemerintah, baik Pemerintah Pusat, Pemda, maupun petugas lapang demi peningkatan produksi dan peningkatan kesejahteraan petani. [KAL]