Dark/Light Mode

Gelar Kongres Kebangsaan

MPR: PPHN Wujudkan Negara Berdaulat, Adil, Dan Makmur

Jumat, 29 Oktober 2021 07:15 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Foto: MPR RI)
Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Foto: MPR RI)

 Sebelumnya 
Dalam konteks saat ini, PPHN tidak hanya penting tapi mendesak dan harus dilakukan untuk mewujudkan pembangunan nasional yang selaras dan konsisten dengan Pancasila. Juga berkesinambungan dan berkelanjutan dalam setiap periode pemerintahan.

“PPHN mengarahkan pengelolaan pembangunan nasional, mewujudkan cita-cita nasional, yaitu membangun negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD Tahun 1945,” jelas Bamsoet.

Baca juga : Bamsoet: PPHN Penting Untuk Wujudkan Visi Negara

Ketua Umum Aliansi Kebangsaan Pontjo Sutowo menambahkan, hakikat pembangunan adalah usaha berkelanjutan untuk memajukan mutu peradaban. Ini dalam rangka mewujudkan cita-cita nasional, yaitu menjadi bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur, berlandaskan Pancasila. Hakikat pembangunan tergambar dalam pesan moral lagu kebangsaan Indonesia Raya ‘bangunlah jiwanya, bangunlah badannya’.

Pembangunan, lanjutnya, bukan hanya pertumbuhan material, tapi juga perkembangan kejiwaan. Bukan hanya infrastruktur ‘keras’ (sarana fisik), tapi juga infrastruktur lunak (keadaban, pendidikan, kesehatan).

Baca juga : Korni: Semangat Sumpah Pemuda Wujudkan Kemajuan Bangsa

“Yang harus lebih giat kita kembangkan adalah pembangunan Indonesia. Pembangunan dari, oleh dan untuk rakyat Indonesia melalui pengolahan dan pening­katan nilai tambah sumber daya Indonesia dengan sepenuh jiwa raga Indonesia,” terang Pontjo.

Pakar Aliansi Kebangsaan Yudi Latif menambahkan, jangan sampai setiap rezim berganti, segalanya dimulai dari distract. Karenanya harus ada kontinuitas dari pembangunan. Candi Borobudur yang dibangun pada abad ke-8 saja, contohnya, harus menghabiskan masa waktu pembangunan antara 75 hingga 100 tahun. [ONI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.