Dark/Light Mode

HNW Nilai KH. Ahmad Sanusi Layak Dapat Gelar Pahlawan Nasional

Kamis, 11 November 2021 11:59 WIB
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. (Foto: Ist)
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mendukung pemerintah segera menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada tokoh anggota BPUPK (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan) Indonesia asal Sukabumi dan pendiri ormas Persatuan Umat Islam (PUI), yaitu KH. Ahmad Sanusi.

"Sekalipun cukup lama belum terealisasi, tetapi masih belum bagi pemerintah untuk menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Ajengan Ahmad Sanusi. Beliau memiliki jasa yang luar biasa dalam perjuangan fisik dan non fisik, menghadirkan Republik Indonesia merdeka bersama para pahlawan dan founding fathers lainnya. Juga  keteladanan beliau yang sangat berharga bagi generasi hari ini dalam hadirkan solusi menghadapi masalah-masalah bangsa," demikian disampaikan Hidayat yang akrab dipanggil HNW ini saat webinar menyambut Hari Pahlawan yang digelar DPW PUI DKI Jakarta.

Baca juga : Mahasiswa Gugur Saat Reformasi Pantas Sandang Gelar Pahlawan Nasional

Anggota DPR Dapil DKI Jakarta II meliputi Jakarta Pusat dan Selatan ini menerangkan, keteladanan penting yang dihadirkan oleh KH. Ahmad Sanusi sebagai seorang tokoh agama. Sebagaimana KH. Abdul Halim Majalengka yang juga sama-sama pendiri PUI, dan sudah mendapatkan gelar Pahlawan Nasional, KH. Ahmad Sanusi juga menimba ilmu-ilmu keislaman dari berbagai Pesantren di Jawa Barat.   

Kemudian melanjutkan belajar dari para Ulama besar di kota Makkah. Bekal ilmu agama yang mumpuni tersebut dibawa pulang ke Indonesia, bukan untuk menjauh dari realitas menjadi intoleran, radikal dan eksklusif. Tetapi justru meningkatkan kepedulian, kebersamaan, dan perjuangan beliau bersama pejuang lainnya untuk memajukan umat, rakyat, bangsa, terlebih agar Indonesia terlepas dari kekangan penjajahan.

Baca juga : McDonald’s Indonesia Ajak Generasi Muda Mengenal Pahlawan Nasional

"Komitmen kebangsaan dan keumatan itu semakin jelas dan terbukti dengan terpilihnya beliau sebagai anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK), di mana beliau aktif memberikan kontribusi-kontribusi berharga bagi masa depan Indonesia merdeka," jelas HNW.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.