Dark/Light Mode

Terima Plakat Penghargaan Dan Tumpengan HUT Brimob

Bamsoet Dorong Soliditas Dan Profesionalisme Korps Brimob

Senin, 15 November 2021 07:20 WIB
Ketua MPR yang juga warga kehormatan utama Korps Brigade Mobil Polri (Brimob Polri) Bambang Soesatyo menerima tumpeng serta mendapatkan plakat penghargaan dalam perayaan HUT ke-76 Korps Brimob Polri di Jakarta, Minggu (14/11/2021). (Foto: Istimewa)
Ketua MPR yang juga warga kehormatan utama Korps Brigade Mobil Polri (Brimob Polri) Bambang Soesatyo menerima tumpeng serta mendapatkan plakat penghargaan dalam perayaan HUT ke-76 Korps Brimob Polri di Jakarta, Minggu (14/11/2021). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo menerima plakat penghargaan sekaligus memotong tumpeng perayaan HUT ke-76 Korps Brigade Mobil (Brimob) Polri. Menurutnya, Korps Brimob Polri telah menorehkan banyak prestasi, khususnya mengatasi dan meredam berbagai konflik, termasuk pemberantasan terorisme di Tanah Air.

“Berbagai prestasi yang telah ditorehkan. Antara lain, pada November 2020, Korps Brimob Polri yang tergabung dalam Satgas Tinombala berhasil melumpuhkan dua anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso, Sulawesi Tengah,” ujar Bamsoet-sapaan Bambang Soesatyo, dalam perayaan HUT ke-76 Korps Brimob di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Kemenhub Dorong Damri Dan Transportasi Online

Sebelumnya, lanjut Bamsoet, pada Agustus 2020, Korps Brimob dalam Satgas Nemangkawi juga berhasil melumpuhkan pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Hengky Mawang di Kali Kopi, Mimika, Papua.

Ketua DPR ke-20 ini menguraikan, Korps Brimob Polri juga berhasil melaksanakan Operasi Trisula menghadapi pemberontakan PKI 1948 di Madiun dan menumpas sejumlah gerakan separatis.

Baca juga : Terima Srikandi Pemuda Pancasila, Bamsoet Dorong Kepemimpinan Perempuan

Di antaranya, pemberontakan DI/TII pimpinan SM Kartosuwiryo di Sulawesi Selatan dan Aceh, Angkatan Ratu Adil (APRA) pimpinan Kapten Raymond Westerling di Kota Bandung (1950), Republik Maluku Selatan (RMS) yang diproklamirkan Dr Soumokil (1950), hingga Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) tahun 1958.

Korps Brimob juga berperan besar menjaga kedaulatan Indonesia, dalam konfrontasi dengan Malaysia tahun 1953 dan aneksasi Timor Timur tahun 1975.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.