Dark/Light Mode

Namanya Wangi Di Sumatera Barat

Kaum Muda Minang Dukung Anies Nyapres

Rabu, 29 Desember 2021 11:33 WIB
Anies Baswedan
Anies Baswedan

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukungan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk maju di Pilpres 2024 terus bermunculan.

Teranyar, datang dari masyarakat Sumatera Barat. Namun Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo mengaku tak heran. 

“Setidaknya dalam dua kali Pemilu, Sumatera Barat bukan lumbung suara Pak Jokowi. Maka calon kuat yang dipersepsikan anti Pak Jokowi, pasti akan didukung,” katanya, kepada Rakyat Merdeka, kemarin. 

Selain itu, komunikasi politik Anies yang mengusung kesantunan dengan diksi-diksinya yang khas merupakan alat utama mengambil simpati publik. Memang, Anies hampir tak pernah menjawab kritik dan serangan terhadapnya. 

Baca juga : Banyak Program DKI Belum Jalan, Anies Dianggap Nggak Layak Nyapres

“Tapi, ini tak akan mempan untuk ceruk pemilih atau pendukung Pak Jokowi atau pendukung Ahok, lawan politik Anies pada Pilgub lalu,” katanya. 

Karyono yakin, Anies akan menggunakan narasi populis lain untuk meningkatkan persepsi positif dan elektoral. Seperti kebijakan Anies menaikkan UMP DKI 2022 sebagai strategi pencitraan untuk menarik simpati ceruk suara buruh jelang Pilpres 2024. 

Menurutnya, hal itu sah-sah saja. Siapapun petahana, mulai dari kepala daerah, menteri, atau pimpinan lembaga negara lain, punya kecenderungan menggunakan kebijakan untuk kepentingan kontestasi politik elektoral. 

“Tapi tugas berat bagi Anies yang sudah sejak awal dipersepsikan berseberangan dengan Pemerintah. Dia harus mencari suara di luar pendukungnya yang eksklusif,” sarannya. 

Baca juga : Graha Raya Kenalkan Klaster Baru Rumah Dua Lantai

Sebelumnya, Generasi Muda Sumatera Barat yang terbangun dari berbagai elemen menamakan diri Aliansi Rang Milenial (Rami) Minang menyatakan dukungan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres dalam Pemilu 2024 di Padang, Sumatera Barat, Sabtu (25/12) lalu. 

“Demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan rakyat serta Indonesia yang lebih baik, kami, Rami, siap mendukung Anies Badwedan for Presiden Republik Indonesia 2024,” tulis Deklarator Relawan Aliansi Rang Millenial (Rami) Minang Anies Baswedan, Arfino Bijuangsa dalam keterangannya. 

Rang Milenial Minang memilih Anies karena dianggap tokoh berprestasi di tingkat internasional maupun nasional. Di tingkat nasional, penghargaan Best Governor for Inclusive Economic Growth laporan keuangan Pemprov DKI meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama tiga tahun berturut-turut. 

Lalu, penghargaan Program Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dari BNN, dan meraih IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) 2020 melalui Jakarta Propertindo (Jakpro). 

Baca juga : Anies Makin Manis

Kemudian, peraih juara pertama dalam kompetisi nasional dalam bidang TIK dari Kemenkominfo, melalui Aplikasi Jakarta Kini (JAKI), dan masih setumpuk penghargaan lainnya. [FAQ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.