Dark/Light Mode

Juara Tangani Corona, Disayang-sayang Buruh

Anies Makin Manis

Senin, 20 Desember 2021 08:57 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Twitter @aniesbaswedan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Twitter @aniesbaswedan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di akhir tahun 2021, nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang harum. Anies sedang disayang para buruh atas kebijakannya menaikkan upah 5,1 persen. Anies juga mendapatkan kado menjadi gubernur paling baik dalam menangani Covid-19. Dengan dua hal ini, nama Anies pun semakin manis.

Keberhasilan Anies menangani Corona di Ibu Kota mendapat pengakuan publik. Berdasarkan hasil survei Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), Anies menempati posisi puncak sebagai gubernur di Jawa yang sukses menangani Corona.

Baca juga : Lomba Orasi Kapolri Diapresiasi Buruh, Andi Gani: Inovasi Luar Biasa

Survei ini dilakukan terhadap 1.200 responden dengan menggunakan metode face to face interview atau home visit. Margin of error survei ini plus minus 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survei ini, responden ditanya gubernur daerah mana di Jawa yang memiliki level hasil penanganan Covid-19 terbaik? Hasilnya, Anies meraih nilai tertinggi, yakni 37,2 persen. Di bawahnya ada Gubernur Jawa Tengah 29,1 persen dan Gubernur  Jawa Barat Ridwan Kamil 19,0 persen.

Baca juga : Laura Anna, Pamerin Bukti Mobil Hancur

"Setelah itu Gubernur Jawa Timur-Khofifah Indar Parawansa 12,6, Gubernur Banten Wahidin Halim 2,1 persen," kata Direktur Eksekutif KedaiKOPI Kunto Adi, dalam keterangan tertulis, kemarin.

Menurut Adi, Anies juga dinilai sebagai gubernur di Jawa yang pembangunannya paling dirasakan dari sisi transportasi, infrastruktur, keindahan tata kota provinsi, kesehatan, kesempatan kerja, pendidikan, serta ekonomi keluarga. Pembangunan yang dilakukan Anies hanya kalah pada satu sisi dengan Ganjar, yaitu di sisi keberpihakan pada orang miskin.

Baca juga : Kepala BPIP: Korban Corona Dihormati Layaknya Pahlawan

Pengakuan keberhasilan Anies menangani Corona sebelumnya juga disampaikan lembaga internasional non-profit dan komersial, Deep Knowledge Analytics (DKA). Lembaga yang berkantor pusat di London, Inggris, itu memasukkan Jakarta dalam 50 besar kota di dunia yang dinilai terbaik dalam penanganan pandemi Covid-19. Jakarta berada di peringkat ke-47 dengan total skor 51,43. DKA menjelaskan, hasil kajian itu berdasarkan data yang dikumpulkan hingga September 2021 dalam analisis bertajuk “Covid-19 City Safety Ranking” pada kuartal II-2021.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.