Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Selalu Lima Besar Dalam Survei

PKB Semangat Capai Target 100 Kursi Parlemen

Selasa, 11 Januari 2022 07:59 WIB
Anggota Komisi XI DPR Fraksi PKB Abdul Wahid. (Foto: Istimewa)
Anggota Komisi XI DPR Fraksi PKB Abdul Wahid. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) selalu berada di 5 besar dalam hasil survei elektabilitas partai politik di berbagai lembaga. Bahkan partai ini pernah di posisi 3 besar.

Menanggapi hasil survei yang terus positif ini, kader PKB kian semangat. Khususnya untuk mencapai target yang dipatok Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB dalam Pemilu 2024.

"Kami terima kasih masih dipercaya oleh rakyat untuk tempat menyalurkan aspirasinya. Tercermin dalam berbagai survei itu. Tentu ini membuat kami semakin semangat," kata politisi PKB Abdul Wahid yang kini duduk di Komisi XI DPR ini kepada RM.id, Selasa (11/1).

Wahid menyebut, DPP PKB dan Ketua Umum-nya Muhaimin Iskandar mematok target partainya meraup 100 kursi di parlemen. Dia optimistis target bakal tercapai melihat tren elektabilitas partai yang terus meningkat dan positif.

Baca juga : Jelang Semifinal Liga 2, Direksi Suntikan Semangat Pemain Rans Cilegon

Sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Provinsi Riau, Wahid menjanjijkan menyumbang dua kursi untuk DPR pusat. "Memang target kepada kita 100 kursi DPR RI. Untuk Riau, kami targetkan dua kursi ke Senayan," tuturnya.

Wahid menyebut, target ini amat realistis. Sebab, setiap Pemilu, DPW Riau selalu mengirimkan kursi ke Senayan. Termasuk dirinya dari Dapil Riau II.

Selain itu, ghirah kader PKB Riau lagi naik. Banyak kader yang memintanya untuk maju sebagai Calon Gubernur Riau. "Namun, komunikasi dengan DPP dan terkait koalisinya belum mulai ya. Karena Pilkada kan setelah pemilu legislatif. Maka kita lihat hasil pemilu legislatif dulu," tuturnya.

Pihaknya pun semakin gencar membuat berbagai kegiatan dan program untuk memenangkan tiga level sekaligus, Pileg, Pilkada hingga Pilpres. Khususnya Pilpres, seluruh kader dari pusat hingga ranting sepakat mengajukan Muhaimin Iskandar.

Baca juga : Pengamat: Buah Kejelian Jokowi 

Secara umum, pihaknya fokus menggaet para pemilih muda atau milenial yang jumlahnya mayoritas dengan berbagai program kreatif.

"PKB ini sudah sejak dulu adaptif dengan kaum milenial. Baik partai  maupun Ketua Umum, sudah sangat dikenal khususnya di Riau. Tinggal kami genjot dua tahun ini. Sudah kami mapping seluruh elemen kepemudaan," ujarnya.

Sementara soal Pilpres, Wakil Sekretaris Jenderal PKB Luqman Hakim tak risau Ketua Umumnya Muhaimin Iskandar elektablitasnya tak sebanding lurus dengan partai. 

"Capres-cawapres masih sangat cair. Kami diuntungkan dengan hasil survei partai yang tinggi," kata Luqman dalam pesannya.

Baca juga : Hary Tanoe Targetkan 2.500 Kursi DPRD Pada 2024

Dia menyebut, setiap partai politik justru harus mengajukan para ketua umum masing-masing dalam gelaran Pilpres 2024. "Dalam praktik demokrasi yang modern dan sehat amat wajar. PKB saat ini terus berusaha mendorong Gus Muhaimin. Kami yakin masih ada waktu," tutur Luqman.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.