Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Singgung Peran Perempuan

Mega Dukung Puan Nyapres?

Rabu, 12 Januari 2022 07:20 WIB
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat menyampaikan pidato politiknya dalam peringatan HUT Ke-49 PDIP di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (10/1/2022). (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat menyampaikan pidato politiknya dalam peringatan HUT Ke-49 PDIP di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (10/1/2022). (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyinggung kepemimpinan perempuan di sejumlah agenda, pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PDIP ke-49. Apa ini sinyal restu Mega untuk putrinya, Puan Maharani untuk maju di kontestasi Pilpres 2024?

Relawan Ganjar Pranowo-Puan Maharani yang tergabung dalam Laskar Ganjar-Puan menilai, selain bertujuan mengungkap krisis munculnya kepemimpinan perempuan di Tanah Air, Mega juga dinilai tengah melempar sinyal dukungan kepada Puan.

Baca juga : KPK Perpanjang Penahanan 2 Tersangka Korupsi Banjar

“Kami membaca, pikiran Ibu Megawati memberikan kepercayaan kepada pemimpin perempuan. Dalam hal ini Ibu Puan Maharani. Maka kami Laskar Ganjar-Puan berjuang mewujudkannya,” kata Wakil Ketua Umum Laskar Ganjar Puan (LGP) Troy Evelin Pamalingo dalam keterangannya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Soal posisi siapa yang menjadi presiden, apakah Ganjar atau Puan, pihaknya menyerahkannya kepada Ketua Umum PDIP. Yang jelas, keresahan Mega perlu jadi perhatian. Sebab, pemimpin perempuan di Indonesia terakhir kali terjadi pada kepemimpinan Megawati sebagai Presiden 2004.

Baca juga : Persija Vs Persipura, Kudu Menang Demi Menembus 3 Besar

“Karenanya, 2024 jadi momentum yang pas untuk memunculkan kepemimpinan perempuan, setelah 20 tahun berlalu. Apalagi, Puan Maharani tidak diragukan track record-nya,” ujarnya.

Sementara Ganjar merupakan kader Banteng yang rekamjejaknya sebagai politisi dan pemimpin daerah, juga tak disangkal lagi. Kedua kader terbaik PDIP ini juga mewakili kader ideologis serta kaderbiologis Bung Karno yang mengusung konsep berdiri di atas kaki sendiri atau berdikari. Karenanya dia yakin, PDIP akan mengajukan kader-kader internal terbaiknya.

Baca juga : Dinda Kirana, Dukung Penuh Naufal

Sebelumnya, dalam pidato kunci HUT PDIP ke-49, Megawati menyebut, peran perempuan dalam kehidupan bangsa kerap tersisihkan. Padahal, perempuan memiliki peran besar dalam sejarah perjuangan bangsa. Megawati bahkan mengatakan, peran kaum perempuan saat ini hanya menjadi sebatas pendamping saja.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.