Dark/Light Mode

Sambut Pemilu 2024, Partai Golkar Harus Percepat Mudaslub Di Jabar

Kamis, 20 Januari 2022 17:51 WIB
Jaro Ade (kanan) bersama Plt Ketua DPD Golkar Jabar, Ace Hasan Syadzily dan pengurus Partai Golkar. (IST)
Jaro Ade (kanan) bersama Plt Ketua DPD Golkar Jabar, Ace Hasan Syadzily dan pengurus Partai Golkar. (IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Secara demografis peta kekuatan partai politik besar di Indonesia bisa dilihat dari basis wilayah, Dulu Partai Golongkan Karya (Golkar) memiliki basis pemilih tradisional yang dominan di Jawa Barat.

Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Ketua DPD (Dewan Pimpinan Daerah) Partai Golkar Provinsi Jawa Barat dan mantan Ketua DPD Partai Golkar dua periode kabupaten Bogor, Jaro Ade, dalam keterangan pers, Kamis (20/1).

"Melihat kondisi sekarang peta politik partai Golkar di Jawa Barat perlu ada penanganan serius konsolidasi vertikal dan horizontal," kata Jaro Ade.

Mendekati tahun politik dan pesta demokrasi pemilu legislatif (pileg), pemilihan kepala daerah (pilkada), dan pemilihan presiden (pilpres) 2024, Jaro Ade berharap agar Golkar harus cekatan menata dan menyiapkan instrumen pertarungan dalam menghadapi kontestasi tersebut.

Baca juga : Sambut 2022, Bank Neo Commerce Luncurkan Produk Teranyar

"Setidaknya ada tiga hal seksi yang ada di depan mata yang harus benar-benar disiapkan Golkar Jawa Barat," jelas Jaro Ade.

Disebutkan, pertama, mengawal Pemerintahan Presiden Jokowi sampai habis masa jabatannya.

Kedua, berbenah diri untuk menyiapkan mesin pertarungan dalam pileg, pilpres dan pilkada.

Ketiga, memberikan fungsi pelayanan dan pembelajaran politik yang maksimal kepada masyarakat khususnya Jawa Barat.

Baca juga : Kader Muda Partai Golkar Dorong Airin Maju Di Pilgub DKI Jakarta

"Sehingga perlu adanya keseriusan pembenahan kondisi Partai Golkar Jawa Barat. Mulai dari struktur yang definitif agar jelas tugas pokok dan fungsinya. Serta konsolidasi jaringan grass root yang sempat tersendat karena masalah yang timbul di dalam tubuh partai," papar Ade.

Menurutnya, Partai Golkar bukan partai kemarin sore, Golkar adalah satu satunya partai yang telah lulus dalam dinamika politik yang terjadi baik dari internal maupun eksternal.

Jaro Ade menilai sekarang adalah waktu yang tepat untuk berbenah bangkit kembali Partai Golkar di Jawa Barat, merangkul dan bergerak bersama menghidupkan kembali kekuatan Golkar.

"Saya berharap Jika kang Ace Hasan selaku PLT Ketua DPD Jabar sudah siap, maka segera meminta restu ketua Umum rapatkan barisan dengan karya kekaryaan. Dan para Ketua DPD tingkat dua untuk Musdalub (Musyawarah Daerah Luar Biasa), menjadikan Kang Ace Hasan Ketua Definitif DPD Golkar Provinsi Jawa Barat," tegas Jaro Ade.

Baca juga : Sambut KTT G20, Waskita Karya Percantik Jalan Di Bali Dan Jakarta

Jangan sampai kata dia, berlarut karena menurutnya, waktu dua tahun untuk menghadapi aneka perhelatan bukan waktu yang lama.

"Golkar harus bergerak cepat, pembenahan partai menjadi sangat penting mengingat salah satu tugas utama Ketua DPD definitif adalah mengantarkan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menjadi Presiden," pungkas Jaro Ade. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.