Dark/Light Mode

Pengamat : Baksos Di Salatiga, Strategi Golkar Bidik Pemilih

Selasa, 25 Januari 2022 19:57 WIB
Pengamat : Baksos Di Salatiga, Strategi Golkar Bidik Pemilih

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Golkar berencana melaksanakan acara Perayaan Natal Nasional 2021 pada tanggal 29 Januari 2022. Acara Natal yang akan diselenggarakan di Kota Salatiga, Jawa Tengah juga akan diikuti acara bakti sosial dan pengobatan gratis bagi masyarakat.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menyebutkan, bisa jadi apa yang dilakukan Partai Golkar adalah dalam upaya menyasar pemilih di Jawa Tengah.

“Golkar itu partai yang sarat pengalaman, kegiatan yang akan dilakukan di Salatiga, Jawa Tengah bisa saja dibaca sebagai upaya Golkar menyasar pemilih di Jawa Tengah,” kata Pangi kepada wartawan di Jakarta, Selasa (25/1).

Menurut Pangi, operasi yang dilakukan Partai Golkar seperti itu sah-sah saja, walaupun Jawa Tengah bukan basisnya Partai Golkar.

Baca juga : Persiapan Laga FIFA Match Day Di Bali, Shin Tae-yong Panggil 27 Pemain

“Tapi apa yang dilakukan Golkar di Salatiga, Jawa Tengah ini harus jadi perhatian bagi partai yang punya basis massa di Jateng. Ingat, Golkar itu pengalaman, mesin partainya juga lumayan oke,” ujarnya.

Selama ini Jawa Tengah dianggap basis dari PDIP, apakah itu tidak mengusik ‘kandang banteng’, karena wilayahnya di garap partai lain? Pangi menilai tergantung apakah PDIP khawatir atau tidak.

“Sebenarnya tergantung apakah dengan langkah Golkar itu akan ganggu PDIP atau tidak. PDIP kan punya basis masa sendiri sama seperti partai lainnya,” ujarnya.

Tapi sejujurnya, lanjut Pangi sebagai upaya yang dilakukan Partai Golkar itu hal yang wajar bagi sebuah partai politik.

Baca juga : Perkuat Bisnis Di ASEAN, UOB Group Akuisisi Bisnis Ritel

”Ini sebagai bagian Golkar uji program meraih simpati atau populis mengambil suara dari pemilih Jawa Tengah dengan cara melakukan ekspansi dengan bungkus aksi sosial. Kebanyakan partai nggak berani ganggu kandang banteng takut tidak dapat efek, tapi ini saya lihat Golkar berani,” jelasnya.

Pangi menilai, penetrasi wilayah politik yang dilakukan Partai Golkar di Jawa Tengah itu adalah pertempuran sekunder.

“Pertempuran itu kan ada dua yakni pertempuran primer dan pertempuran sekunder. Pertempuran primer itu adalah di basis atau lumbung suara Golkar sedangkan pertempuran sekunder itu yang digarap di luar basis lumbung suara Golkar. Seperti melakukan ekspansi atau penetrasi ke Jawa Tengah. Namanya juga usaha ya silahkan saja,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara Perayaan Natal Nasional Partai Golkar 2021, Lamhot Sinaga mengatakan Partai Golkar akan menyelenggarakan perayaan Natal Nasional 2021 di Kota Salatiga, Jawa Tengah pada tanggal 29 Januari 2022.

Baca juga : Pembatasan Dilonggarin, Kegiatan Usaha Tumbuh Positif

Perayaan Natal dimulai tanggal 27 Januari 2022 dengan serangkaian acara bakti sosial dan pengobatan gratis bagi masyarakat. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.