Dark/Light Mode

Pengamat: Kebijakan Fiskal Era Megawati Jadi Pijakan Pemerintahan Berikutnya

Kamis, 23 Desember 2021 21:23 WIB
Megawati Soekarnoputri. (Foto: Ist)
Megawati Soekarnoputri. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menerima Lifetime Achievement Award CNBC Indonesia Awards 2021. Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin menilai, Mega layak mendapatkan penghargaan itu. Sebab, prestasi Megawati dalam bidang fiskal menjadi kerangka bagi pemerintah be rikutnya.

"Kebijakan Mega terkait dalam bidang fiskal tentunya menjadi pijakan dan jalan yang baik bagi pemerintahan berikutnya," ujar Ujang, Kamis (23/12).

Baca juga : Kementerian ESDM Sempat Surati Bareskrim Minta Tertibkan Penambangan Liar

Salah satu kebijakan penting Mega yang dilanjutkan oleh kepala negara selanjutnya, yaitu Instruksi Presiden No.5/2003 mengenai Paket Kebijakan Ekonomi pasca Berakhirnya Program IMG. Sebab, sejak saat itu Letter of Intent dari Dana Moneter Internasional sudah tidak ada lagi.

Satu-satunya perempuan yang pernah menjadi kepala negara di Tanah Air itu mengeluarkan beberapa kebijakan reformasi. Dalam bidang fiskal contohnya, dia mengeluarkan reformasi perpajakan dan penyehatan BUMN secara bersamaan dengan tujuan memperkuat kas negara. 

Baca juga : Peningkatan Keamanan Ruang Siber Jadi Prioritas Pemerintah

Kesuksesan Mega mengawal perekonomian Indonesia yang sedang dilanda krisis itu menunjukkan keseriusannya memperbaiki perekonomian di Ibu Pertiwi. Ketua Umum PDIP itu pun dianggap mempunyai jasa dalam menuntun perekonomian Indonesia ke arah yang lebih baik.

Keppres No 72/2004 juga diteken Mega dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan negara dari perpajakan melalui Single Identity Number (SIN).

Baca juga : Kemenko Polhukam Pastikan Pemerintah Tak Intervensi Komnas HAM

Saat ini, rencananya SIN hendak dilanjutkan pemerintahan Presiden Jokowi, yang mewacanakan penyatuan NPWP dengan NIK untuk setiap warga negara.

Mega juga menyusun Draf Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, serta membenahi pemungutan pajak. Hal itu supaya penerimaan pajak saat kepemimpinan Mega bisa sesuai dengan target yang ingin dicapai.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.