Dark/Light Mode

Kondisi Parpol Mencemaskan

Kedaulatan Pemilih Mutlak Harus Dijaga

Kamis, 10 Februari 2022 07:42 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah saat menjadi narasumber diskusi daring Gelora Talks bertajuk Pemilu 2024: Daulat Parpol vs Daulat Rakyat, di Jakarta, Rabu (9/2/2022). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah saat menjadi narasumber diskusi daring Gelora Talks bertajuk Pemilu 2024: Daulat Parpol vs Daulat Rakyat, di Jakarta, Rabu (9/2/2022). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia berharap Pemilu 2024 mampu menghadirkan kedaulatan rakyat atas sebuah pesta demokrasi. Jangan sampai, Pemilu mendatang hanya membuat berdaulat oligarki elite politik.

“Kecemasan saya, karena kecenderungan daulat partai politik yang menguat sekali, dan kecenderungan daulat rakyat melemah,” ujar Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah saat menjadi narasumber diskusi daring Gelora Talks bertajuk Pemilu 2024: Daulat Parpol vs Daulat Rakyat, di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Tak Bisa Pegang PBNU, Kekuatan Imin Takkan Seperti Dulu Lagi

Mantan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengamini, saat ini partai politik banyak diisi kelompok kecil yang disebut elite. Misalnya, dikelola keluarga, segelintir orang, atau bahkan penguasa tunggal.

Baginya, situasi ini mencemaskan, karena bisa menghilangkan marwah dari demokrasi. Kondisi ini sama saja mengamini pernyataan di masyarakat bahwa partai politik itu dikuasai elite yang oligarki.

Baca juga : Winland Tawarkan Peralatan Multifungsi dengan Harga Terjangkau

“Kalau yang kita pilih nanti adalah tren menguatnya partai politik dikuasai segelintir orang, maka kecemasan adanya oligarki di belakang ruang gelap yang mengatur negara ini saya kira menemukan kebenarannya,” sebutnya.

Untuk itu, Fahri berharap, Pemilu 2024 bukan sekadar proses pergantian kekuasaan, namun harus bertumpu kepada kualitas pesta demokrasi yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat.

Baca juga : Komnas HAM Temukan Alat Kekerasan Di Kerangkeng Manusia Bupati Langkat

Sementara, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan, kedaulatan pemilih sangat penting dijaga penyelenggara Pemilu dalam konteks kemerdekaan memilih calon presiden dan wakil presiden Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.