Dark/Light Mode

Usulan Nobel Perdamaian

Cak Imin Jago Ngerayu NU...

Minggu, 13 Februari 2022 06:39 WIB
Keinginan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. (Ist)
Keinginan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. (Ist)

 Sebelumnya 
Menurutnya, sindiran itu dipicu hubungan Cak Imin dengan Gus Yahya yang sedang tak harmonis. Dia menduga, kondisi ini adalah akumulasi konflik masa lalu yang terbawa hingga kini.

Konflik di mana kubu Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang didalamnya ada Gus Yahya cs, dikalahkan oleh Cak Imin ketika itu. Hingga Gus Yahya cs terlempar dari PKB.

Baca juga : PKB Dan Cak Imin Bakal Kerepotan

“Di bawah kepemimpinan Gus Yahya kelihatannya PKB sulit bisa ‘memonopoli’ atau berdampingan dengan PBNU. Namun di politik, apapun bisa terjadi. Kita lihat saja ke depan, apa yang terjadi,” pungkas Ujang.

Sedangkan Direktur Eksekutif Center for Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS) Sholeh Basyari melihat, posisi Cak Imin di kalangan NU semakin tergerus sejak kepemimpinan Gus Yahya menjadikan NU lebih terbuka, sangat berpengaruh pada posisi Cak Imin.

Baca juga : Melanie Putria, Calon Suami Sukses Operasi Tumor Otak

“Untuk mengonsolidasi lagi kalangan NU, harusnya Cak Imin sowan ke Gus Yahya. Atau ajak ‘ngopi bareng’. Biar nahdiyin melihat antara NU dengan PKB masih ada irisan. Jangan malah menjauh,” jelasnya. SAR/FAQ

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.