Dark/Light Mode

Endus Upaya Penggembosan, Golkar Waspada

Selasa, 22 Februari 2022 06:10 WIB
Endus Upaya Penggembosan, Golkar Waspada

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah senior Partai Golkar tiba-tiba menyatakan pasang badang terhadap pencapresan Ketua Umumnya, Airlangga Hartato. Apakah hal ini demi menangkal upaya penggembosan terhadap ambisi partai berlogo pohon Beringin ini?

Indikasi pengggembosan itu diungkapkan Ketua DPD Partai Golkar DIY, Gandung Pardiman. Dia bilang, partainya memang akan menghadapi berbagai tantangan menjelang Pemilu 2024.

Apalagi, Partai Golkar dan calon presidennya Airlangga mulai nanjak elektabilitasnya dalam berbagai survei.

“Tentunya banyak tantangan dan dipastikan ada upaya menggembosi Partai dan Pak Ketum,” kata Gandung dalam keterangannya, akhir pekan lalu.

Baca juga : Pak Ganjar, Ada Apa Dengan Wadas

Dia pun mengajak seluruh komponen, kader dan tokoh partai Golkar harus menjalin sinergi menjaga soliditas. Menurutnya, Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Pak Aburizal Bakrie sudah di barisan depan memberi contoh.

Maka, seluruh kader, wajib hukumnya untuk mematuhinya.

“Hati-hati! Sudah mulai muncul pengamat pesanan yang memunculkan tokoh Partai Golkar selain Ketum Airlangga Hartarto menjadi kandidat capres. Ini upaya memecah belah kekompakan. Kader Partai Golkar wajib tunduk pada hasil munas yang menetapkan Airlangga Hartarto sebagai Capres,” imbaunya.

Selain Ical, penegasan serupa diungkapkan Ketua Dewan Pakar Golkar, Agung Laksono. Bahkan, senior Beringin lainnya, Fahmi Idris pun patuh dan tunduk kepada keputusan partai.

Baca juga : JK Layat Ibunda Pengusaha Nasional Sofjan Wanandi

Sejauh ini seluruh elemen Golkar masih dalam solid. Seperti yang diungkapkan salah satu ormas Golkar, Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR).

Ketua Umum MKGR, Adies Kadir memastikan, kader MKGR satu suara mendukung Airlangga dalam Pilpres 2024. “Ini keputusan bulat Musyawarah Besar MKGR.

Kendaraan MKGR total dan solid sesuai slogannya untuk Pak Airlangga,” kata Adies kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan ini telah keliling menemui DPD MKGR di berbagai wilayah untuk konsolidasi.

Baca juga : Gerilya Di Jateng, Pengamat : Golkar Pede Masuk Kandang Banteng

Teranyar, dia melantik Pengurus DPD Ormas MKGR di Provinsi Maluku, Minggu (20/2). "Untuk mengenalkan Airlangga, kader MKGR wajib rajin turun langsung memberi bantuan sosial kepada rakyat yang membutuhkan,” ujarnya.

Sementara pengamat Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Wasisto Rahardjo Jati tak yakin ada pihak internal yang mau mengganggu pencapresan Airlangga.

Dia melihat, pernyataan kader senior Beringin mau pasang badan adalah upaya memecut kader.

“Wajar apabila Ical (Aburizal Bakrie) mendukung tegas Airlangga. Golkar harus berani dan mandiri punya calon presiden sendiri di Pemilu 2024,” kata Wasisto.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.