Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PAN Minta Pemilu Ditunda, Ini 5 Alasan Pentingnya...

Jumat, 25 Februari 2022 11:24 WIB
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Foto: Istimewa)
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sependapat dengan wacana pengunduran waktu pelaksanaan Pemilu, yang belakangan ini ramai dibicarakan. 

Politisi yang akrab disapa Zulhas itu mengatakan, setidaknya ada 5 hal yang melatarbelakangi usulan PAN untuk menunda waktu penyelenggaraan Pemilu.

Pertama, situasi pandemi yang masih berlangsung dan memerlukan perhatian khusus. Kedua, kondisi perekonomian yang belum stabil. Dalam konteks ini, pemerintah, dunia usaha, maupun masyarakat masih perlu melakukan pemulihan untuk kembali bangkit.

Baca juga : Kalau Pemilu Mau Ditunda, Muhaimin Harus Amandemen UUD 45

Ketiga, perkembangan situasi konflik global yang perlu diantisipasi. Antara lain, perang Rusia-Ukraina dan tidak menentunya harga minyak dunia.

Keempat, anggaran Pemilu yang justru membengkak dari rencana efisiensi, lebih baik dikonsentrasikan untuk kepentingan kesejahteraan rakyat.

Kelima, keberlangsungan program-program pembangunan nasional, yang sebelumnya tertunda akibat pandemi.

Baca juga : Usul Imin Ditolak Hasto

"Di tengah situasi-situasi tersebut, penilaian dan persepsi masyarakat tentang kinerja presiden Jokowi justru sangat tinggi. Berbagai survei menyebut, angkanya di atas 73 persen. Hal ini menunjukkan pengakuan masyarakat terhadap keberhasilan pemerintah, dalam menghadapi pandemi dan berbagai situasi yang tidak menentu," papar Zulhas dalam pesan WhatsApp yang diterima RM.id, Jumat (25/2).

"Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, serta setelah mendengar masukan dan aspirasi dari berbagai kalangan, PAN setuju bahwa Pemilu perlu dipertimbangkan untuk diundur," tegasnya.

Dalam konteks ini, PAN akan menjalin komunikasi dengan berbagai kalangan, termasuk partai politik, organisasi kemasyarakatan, dan elemen bangsa lainnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.