Dark/Light Mode

Punya 5 Juta Anggota

Partai Buruh Siap Ramaikan Senayan

Minggu, 27 Februari 2022 06:22 WIB
Kongres Partai Buruh
Kongres Partai Buruh

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Buruh tidak mau cuma jadi kontestan Pemilu 2024, tetapi berambisi lolos ambang batas parlemen atau Parliamentary Threshold (PT) sebesar 4 persen agar bisa menjadi salah satu penghuni Senayan.

“Tentu kita optimis, bersemangat menang di Pemilu 2024,” tegas Wakil Sekretaris Jenderal Partai Buruh Indri Yulihartati kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Indri menjelaskan, logika sederhana tentang potensi Partai Buruh masuk Senayan, didasari tren positif keanggotaan partai yang telah menembus angka 5 juta jiwa.

Seandainya anggota ini mengajak keluarganya, misalnya istri, suami, bahkan anaknya, maka jumlahnya akan berlipat ganda.

“Paling tidak, suara kami bisa mencapai 15 juta. Jadi, kami punya peluang besar masuk Senayan,” ungkapnya.

Baca juga : Mengintip Cara Unik UPT Kementan Berantas Parasit Di Tubuh Sapi

Politisi sekaligus pengacara ini mengatakan, Partai Buruh sedang bersiap menghadapi verifikasi faktual Komisi Pemilihan Umum (KPU) demi meraih tiket partai peserta Pemilu 2024.

Beragam persyaratan yang masuk, merupakan data nyata di lapangan. Misalnya, data kader melalui basis e-form. Mereka adalah anggota Partai Buruh yang saat ini mayoritas berasal dari anggota organisasi buruh yang bergabung.

Jumlah ini, diprediksi akan terus bertambah dengan dukungan masyarakat.

“Bukan kita membeli KTP dari lising, kita memang benarbenar memiliki anggota, dan verifikasi kita lolos secara administrasi dan verifikasi faktual,” ucapnya.

Indri memastikan, menilik perkembangan kepengurusan Partai Buruh tingkat Provinsi, Kabupaten atau Kota, hingga tingkat Kecamatan.

Baca juga : Holding Pangan BUMN Siap Jalani Penugasan

Semuanya, dalam proses bersiap diri menghadapi verifikasi KPU. Saat ini, tingkat kecamatan diklaim sudah 60 persen terpenuhi, tingkat provinsi sudah 90 persen.

Pun, ketika sudah resmi meraih tiket Pemilu 2024, Indri yakin partainya akan menempatkan caleg-caleg berkualitas untuk merebut kursi parlemen.

“Tentu yang terbaik dari kami akan masuk DPR maupun DPRD di seluruh Indonesia,” katanya.

Menurut dia, tidak sulit mencari caleg berkualitas di Partai Buruh. Pasalnya, mereka yang tergabung dari organisasi buruh misalnya, adalah pejuang atau aktivis yang sudah sering turun ke jalan, dan sifatnya hanya melanjutkan perjuangan ekstra parlementer ke dalam parlemen.

Meski begitu, Partai Buruh menjamin terbuka untuk semua elemen masyarakat, termasuk para caleg yang ingin bergabung.

Baca juga : Puan: Integritas Anggota KPU-Bawaslu Terpilih Jamin Hak Konstitusional Rakyat

Yang penting mau berjuang bersama untuk memenangkan kelas pekerja.

“Target parliamentary threshold kita 5,5 persen dari yang ditargetkan 4 persen. Itu yang menjadikan kita optimis lolos ke Senayan,” pungkasnya. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.