Dark/Light Mode

Ketum Golkar: Nuzulul Quran Momentum Bangun Budaya Literasi

Senin, 18 April 2022 22:38 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat peringatan Nuzulul Quran dan buka puasa bersama keluarga besar Partai Golkar di kantor DPP Golkar, Jakarta, Senin (18/4). (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat peringatan Nuzulul Quran dan buka puasa bersama keluarga besar Partai Golkar di kantor DPP Golkar, Jakarta, Senin (18/4). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, peringatan Nuzulul Qur'an sebagai sebagai momentum membangun budaya literasi.

"Al-Qur'an menegaskan bahwa pondasi dasarnya adalah masyarakat yang memiliki literasi yang tinggi dan itu tercermin dari ayat pertama dalam surah Al Alaq yakni Iqra (bacalah)," kata Airlangga saat peringatan Nuzulul Qur'an dan buka puasa bersama keluarga besar Partai Golkar di kantor DPP Golkar, Jakarta, Senin (18/4).

Menurut Airlangga, hikmah Nuzulul Quran begitu agung dan dalam yang dikandung dalam semangat Al Quran. Semua orang dituntut untuk memiliki kesadaran literasi yang tinggi guna membangun umat dan bangsa.

Baca juga : Pantau Stok Bahan Pokok, Kementan Turun Langsung Ke Lapangan

"Islam mendorong agar umatnya menguasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang membawa manfaat dan kemajuan," kata Airlangga.

Airlangga mengatakan, Bulan Ramadan saat Al-Qur'an diturunkan sebagai petunjuk bagi manusia, serta memberikan kejelasan untuk membedakan mana yang haq dan bathil.

"Al-Qur'an tentu harus dijadikan pedoman utama guna menjalani kehidupan keagamaan, sebagai petunjuk yang membedakan mana yang benar, mana yang batil," harap Airlangga.

Baca juga : Duo Menlu Perempuan Tegaskan Komitmen Bangun Kerja Sama Bilateral

Dalam kesempatan itu, Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung, Sekjen Partai Golkar sekaligus Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus dan sejumlah anggota DPR RI dari Partai Golkar.

Sementara itu, hadir pula Ustad Das'ad Latif yang membawakan ceramah agama dalam peringatan Nuzulul Qur'an itu. Das'ad mengingatkan untuk para wakil rakyat agar selalu menjadikan Al-Qur'an sebagai patokan dan pijakan dalam setiap aktivitas sehari-hari.

"Saya yakin, jika Al-Qur'an jadi pedoman hidup, tidak ada anggota dewan yang masuk penjara," kata Das'ad menegaskan. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.