Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dapil III Provinsi Jateng

Waketum PPP Dilawan Mantan Menteri

Senin, 17 Desember 2018 10:16 WIB
Doddy Imam Priambodo (kiri) caleg dari Partai Nasdem,  Marwan Jafar (tengah) caleg dari Perindo dan Ratih Widyawaty (kanan) caleg dari partai Golkar.
Doddy Imam Priambodo (kiri) caleg dari Partai Nasdem, Marwan Jafar (tengah) caleg dari Perindo dan Ratih Widyawaty (kanan) caleg dari partai Golkar.

RM.id  Rakyat Merdeka - Daerah Pemilihan III Jawa Tengah (Jateng) masih dikuasai caleg petahana atau incumbent. Tapi, mantan menteri dan caleg pendatang baru tak jiper. Justru mereka bersemangat mengalahkan petahana. Berdasarkan data KPU ada 117 caleg siap tarung di Dapil III Jateng. Dapil dengan cakupan Kabupaten Pati, Rembang, Blora dan Grobogan ini menyediakan 9 kursi DPR.

Baca juga : Pengusaha Kain Pel Lawan Artis Cantik

Dari ratusan caleg itu, terselip sejumlah tokoh, politisi senior, mantan menteri, petahana, publik figur dan pendatang baru.  PKB kembali memunculkan mantan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Marwan Jafar sebagai caleg nomor urut 1.

Baca juga : PKB Usung Putra Kiai, PPP Usung Senator

Sebelum diangkat jadi menteri, Marwan adalah anggota DPR di Pileg 2014. Di dapil ini, Marwan tidak dibiarkan sendirian. Partai besutan Muhaimin Iskandar ini juga menjagokan Arvin Hakim Thoha di nomor urut 2. Arvin Hakim adalah pengganti Marwan saat dianggkat menjadi menteri.  Partai Gerindra tak mau kalah. Partai besutan Prabowo Subiyanto ini menaruh petahana Sumarjati Arjoso. Saat ini, Sumarjati duduk di Komisi IX DPR.PDI Perjuangan pun bersemangat menguasai dapil ini.

Baca juga : Dengan Berkarya, Titiek Soeharto Melawan Kekuatan Golkar

Partai banteng moncong putih ini menerjunkan dua petahana. Evita Nursanty dan Imam Suroso. Evita nomor urut satu, sementara Suroso nomor urut 7.  Tak mau kalah mentereng dengan partai lain, Golkar juga menurunkan jagoannya, Fiman Soebagyo. Dia ditempatkan di nomor urut 1. Firman nantinya dilapis Ratih Widyawaty. Pengalaman Ratih dalam pileg tidak perlu diragukan. Di Pileg 2014, dia pernah jadi caleg Demokrat dari Dapil II Jateng meski akhirnya kalah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.