Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Koalisi Airlangga Dicap Curi Start

Banteng Belum Ngasah Tanduk

Sabtu, 21 Mei 2022 06:34 WIB
Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto. (Foto: Ist)
Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDIP ikut mengomentari pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas Golkar, PAN, dan PPP. Mereka menilai koalisi bentukan Airlangga Hartarto cs itu, curi start. Sementara, PDIP belum mau bikin koalisi. Banteng belum ngasah tanduk nih…

Kritikan tersebut disampaikan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto di sela acara kegiatan Senam Cinta Tanah Air (Sicita) di Lapangan Banteng, Jakarta, kemarin.

Hasto yang tampil mengenakan setelan baju olahraga warna merah itu, mengingatkan, munculnya KIB jangan sampai mengganggu jalannya pemerintahan. Terlebih, saat ini sudah memasuki agenda politik 2024.

Baca juga : Kampanyekan Dapur Sehat Dan Happy, Fotile Luncurkan 3 Produk Anyar

Menurut Hasto, kepentingan rakyat harus didahulukan. "Jangan membawa kontestasi terlalu awal, yang kemudian membuang energi kita bagi perbaikan dan kemajuan bangsa dan negara pasca pandemi Covid-19. Ini yang kita dorong," kata Hasto.

Hasto kemudian berpesan, pemerintahan Presiden Jokowi-Wakil Presiden Ma'ruf Amin berdiri atas kerja sama antar-partai politik. Kerja sama itu terbentuk mengingat mandat rakyat begitu besar kepada pemerintahan.

"Dari kerja sama parpol ini, agar apa yang jadi harapan rakyat dijawab oleh Presiden Jokowi dapat dijalankan," ujarnya.

Baca juga : Koalisi Airlangga Siapkan Jaring

Lebih lanjut, Hasto juga membantah, pertemuan Banteng dengan sejumlah ketua umum parpol belakangan ini bisa disebut koalisi. Dia bilang, pertemuan antara Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan ketum parpol lain, misalnya Ketum Gerindra Prabowo Subianto, hanya sekadar silaturahmi saat hari Lebaran lalu.

"Itu belum koalisi. Koalisi itu dalam perspektif politik ditandai komitmen terhadap kerja sama berdasarkan pada platform politik, agenda-agenda pemerintahan, program-program untuk menjawab persoalan bangsa dan negara," sebut Hasto.

Hasto sesumbar, partainya bisa maju sendiri di PIlpres tanpa berkoalisi dengan parpol lain. Wajar kalau PDIP tidak sibuk bermanuver menjelang Pilpres 2024. “Kami tidak ikut dansa-dansa politik," ujarnya.

Baca juga : Liburan Usai, Skuad Maung Bandung Kembali Latihan

Sindiran Hasto membuat Airlangga Cs kebakaran jenggot. Ketua DPP PPP, Saifullah Tamliha berdalih, terbentuknya KIB lebih awal tentu lebih efektif untuk menggodok capres dan cawapres 2024.

"Koalisi yang kami bentuk merupakan ikhtiar agar kesinambungan pembangunan infrastruktur maupun non-fisik tetap berlanjut, pasca Presiden Jokowi berakhir," tutur Saifullah, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.