Dewan Pers

Dark/Light Mode

Tak Hadir Ke Nikahan Adik Jokowi

Mega-Puan Digosipin Aneh-aneh

Sabtu, 28 Mei 2022 07:41 WIB
Ketua DPR Puan Maharani bersama Ketua Umum PDIP yang juga ibunya, Megawati Soekarnoputri. (Foto: Istimewa)
Ketua DPR Puan Maharani bersama Ketua Umum PDIP yang juga ibunya, Megawati Soekarnoputri. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPR Puan Maharani tak menghadiri resepsi pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati, dengan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, di Solo, Kamis (26/5). Ketidakhadiran Mega-Puan ini kemudian ada yang mengoreng-goreng dan dibikin gosip yang aneh-aneh. Salah satunya, Mega-Puan dianggap tidak lagi mesra dengan Jokowi. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto langsung membantah spekulasi liar ini.

Gosip aneh ini muncul karena sejumlah ketum parpol koalisi lain hadir dalam resepsi pernikahan itu. Antara lain Ketum Partai NasDem Surya Paloh, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, hingga Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo.

Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum PPP Suharso Monoarfa sebetulnya juga tidak hadir. Namun, tak terlalu jadi bahan omongan. Karena Airlangga dan Suharso diketahui tengah mengikuti sejumlah kegiatan di luar negeri.

Berita Terkait : Bamsoet Doakan Adik Jokowi-Ketua MK Selalu Bahagia Dan Berkah

Sebenarnya, Puan juga sedang ada agenda yang tidak kalah penting. Yakni, mengisi acara Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR). Acara berskala internasional ini, berlangsung 25-28 Mei 2022, di Nusa Dua, Bali. "Saya mengucapkan selamat kepada mempelai berdua. Mohon maaf tidak bisa hadir," ucap Puan, seperti dilansir Antara, kemarin.

Kendati Puan sudah menyampaikan alasan logis, gosip-gosip yang berseliweran terkait ketidakhadiran Puan di acara pernikahan adiknya Jokowi itu, tak dapat dibendung. Apalagi, sampai kemarin, tidak ada keterangan kenapa Mega tidak datang. Salah satu gosip aneh itu, disebut-sebut menjadi isyarat mulai merenggangnya hubungan Jokowi dengan Mega-Puan.

Di dunia maya, gosip ini bertebaran. Akun @Budionotaslim3 misalnya menulis, “Ada apa nih? Bu Mega dan Mbak Puan kok tidak nampak di pesta pernikahan adik Pak Jokowi. Wonten nopo Bu,” tulisnya.

Berita Terkait : Ngabalin: Pernikahan Adik Jokowi-Ketua MK Itu Rahmat, Bukan Politik

Akun @MensosJ menduga, ketidakhadiran Mega dan Puan itu, karena Jokowi yang lebih condong ke Ganjar Pranowo. “Kasihan Mega, Jokowi lebih nurut ke Opung dan Ganjar penerusnya, bukan Puan,” tulisnya.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin ikut meramaikan gosip di dunia maya itu. Dia sependapat, absennya Mega dan Puan dalam pernikahan adik Jokowi merupakan kode hubungan antara Jokowi dengan PDIP sedang tak baik.

"Saya melihatnya sedang ada hubungan yang tak baik antara Jokowi dengan Megawati dan Puan. Jika hubungannya baik, maka baik Megawati dan Puan pasti akan memprioritaskan datang di acara nikah adiknya Jokowi," ujar Ujang, kemarin.
 Selanjutnya