Dark/Light Mode

Bursa Capres PDIP

Puan Dipersiapkan Mega, Ganjar Didorong Relawan

Selasa, 31 Mei 2022 08:00 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Istimewa)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Ihwal Presiden Jokowi diisukan mendukung Ganjar sebagai Capres dalam acara Projo di Magelang beberapa waktu lalu, menurut Hasto, Jokowi hanya ingin mencairkan suasana.

“Kalau dalam teori komunikasi itu ice breaking,” tutur Hasto.

Bagaimana nasib Ganjar di 2024? Apa langkah para relawannya jika Ganjar tak diusung Banteng?

Baca juga : Warga Desa di Kalteng Gaungkan Dukungan Ganjar Presiden 2024

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin menyakini, PDIP akan memilih salah satu, Ganjar atau Puan. Sebab, jika tak berkoalisi dengan partai lain, bakal dikeroyok partai lain.

“Kalau Ganjar-Puan dipaksa duet, tak ada power sharing,” ungkapnya saat berbincang dengan Rakyat Merdeka, kemarin.

Dia melihat, memang ada persaingan ketat antara Ganjar dan Puan dalam perebutan tiket partai. Ujang yakin, pilihan Mega akan jatuh kepada putrinya.

Baca juga : Bursa Pilpres 2024, Pengamat Nggak Yakin Ganjar Bakal Dongkrak Suara PDIP

“Puan akan didorong PDI Perjuangan. Entah sebagai capres atau cawapres, tergantung dinamika koalisi. Sementara Ganjar mungkin saja ditarik dan diusung koalisi lain,” ulasnya.

Peneliti ahli utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof Siti Zuhro mengatakan, meski dimotori partai pemenang di Pemilu lalu, duet Ganjar-Puan, belum tentu menang.

“Setiap opsi ada konsekuensinya. Duet Ganjar-Puan tak ada jaminan mutlak akan menang,” ujar Siti kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Ratusan Kader PDI Perjuangan Di Bandung Pecahkan Rekor MURI Sicita

Mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini menilai, banyak faktor yang perlu dihitung untuk memprediksi menang atau tidaknya pasangan jagoan di Pilpres 2024. Terlebih, kontestasi pesta demokrasi masih dua tahun lagi. ■FAQ/BSH

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.