Dark/Light Mode

Salim Segaf: Pancasila Perintahkan Kita Berkolaborasi Dalam Membangun Bangsa

Rabu, 1 Juni 2022 16:59 WIB
Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Aljufri (kiri). (Foto: Ist)
Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Aljufri (kiri). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Majelis Syura PKS Dr. Salim Segaf Aljufri menyampaikan pesan penting Momentum Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Yaitu, keharusan seluruh elemen bangsa bersinergi dan berkolaborasi untuk Indonesia, bukan melakukan segregasi dan polarisasi.

"Pancasila kita sepakati sebagai titik temu kebangsaan. Ia menyatukan bangsa ini dari perpecahan. Maka Pancasila kita pahami sebagai ideologi pemersatu. Dus semua sikap dan perbuatan yang mensegregasi sehingga terjadi polarisasi, disharmoni, dan disintegrasi di tengah masyarakat jelas bertentangan dengan Pancasila," ungkap Salim, Rabu (1/6).

Menteri Sosial RI 2009-2014 ini menegaskan, Indonesia merupakan negara besar dalam segenap aspek dan potensinya. Sayang, potensi besar itu belum digali secara aktual, meski pemerintahan silih berganti.

Baca juga : Gus Halim: Pancasila Jadi Inspirasi Pembangunan Desa Berkelanjutan

Indonesia belum beranjak dari negara berkembang menjadi negara maju dan masih terjebak dalam perangkap middle income trap.

"Kita juga masih menghadapi banyak masalah yang harus diselasaikan, yakni kemiskinan, pengangguran, ketimpangan ekonomi, pemerataan pembangunan, keadilan sosial dan hukum dan lain sebagainya," terangnya.

Dalam kondisi demikian, Pancasila harus dipedomani sebagai pemersatu yang menggerakkan seluruh komponen bangsa untuk bersatu, bersinergi, dan berkolaborasi dalam melayani dan memajukan Indonesia.

Baca juga : Peringati Hari Lahir Pancasila, Plt. Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Pakai Baju Adat Dayak

"Indonesia terlalu besar untuk dikelola sendirian. Kita butuh semangat kebersaman dan kolaborasi agar Indonesia cepat maju," ungkap Salim.

Sebagai bagian dari bangsa yang majemuk dengan kesenjangan atau disparitas sosial ekonomi yang masih cukup tinggi,

Salim berpesan agar segenap elemen bangsa, khususnya para pemimpin republik, pandai-pandai mengolah rasa kebangsaan, rasa memiliki, rasa kebersamaan, dan rasa persatuan dan kesatuan diantara sesama anak bangsa.

Baca juga : Harlah Pancasila, Wapres Kenakan Pakaian Adat Melayu

"Itu semua bisa terwujud jika kita semua punya komitmen untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ingatnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.