Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mencari Penerus Jokowi

PSI: Mahfud MD Representasi Politik Kejujuran & Ketegasan

Senin, 6 Juni 2022 08:51 WIB
Rembuk Rakyat bertajuk Mengupas Sosok Mahfud MD yang dipandu Tim Kampanye DPP PSI Navyla Widjanarko ditanyangkan Channel YouTube Partai Solidaritas Indonesia (PSI) seperti dilihat Minggu (5/6). (Foto: Istimewa)
Rembuk Rakyat bertajuk Mengupas Sosok Mahfud MD yang dipandu Tim Kampanye DPP PSI Navyla Widjanarko ditanyangkan Channel YouTube Partai Solidaritas Indonesia (PSI) seperti dilihat Minggu (5/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Politik yang juga Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Prof. Muhammad A.S Hikam menilai, sudah tepat Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memilih Menko Polhukam Mahfud MD sebagai salah satu dari 9 tokoh penerus Presiden Jokowi versi partai ini.

Mahfud MD, kata Hikam, punya sejumlah hal yang tidak dimiliki oleh tokoh-tokoh yang disebut-sebut dalam bursa kepemimpinan nasional saat ini. Khususnya sikap kejujuran, keberanian, serta ketegasan.

Diungkapkan Hikam, Mahfud MD sampai kini terbukti menjadi salah satu tokoh nasional yang terpercaya dan bersih. "Beliau sederhana. Semua masyarakat Indonesia di setiap level bisa merasa dekat dan terkait dengan beliau," kata mantan Menteri Riset dan Teknologi era Presiden Gus Dur ini saat diskusi Rembug Rakyat bertajuk Mengupas Sosok Mahfud MD yang dipandu Tim Kampanye DPP PSI Navyla Widjanarko dan ditanyangkan Channel Youtube Partai Solidaritas Indonesia (PSI) seperti dilihat Minggu (5/6).

Selama berkiprah baik sebagai pejabat publik dan akademisi, lanjut Hikam, Mahfud senantiasa mengutamakan kejujuran. "Kata Gus Dur, kejujuran amat langka di level elite pemimpin. Kejujuran variabel utama yang harus ada pada pemimpin. Ini yang dimiliki Mahfud MD," ujarnya.

Baca juga : Manajer Meraseti Logistik Palsukan Surat Kemendag

Mahfud juga punya pengalaman segudang. Bahkan, menurutnya, dalam kabinet Jokowi saat ini, Mahfud satu dari sedikit menteri yang sarat pengalaman panjang di bidang hukum, ketatanegaraan, politik, dan akademis.

Yang terakhir, bangsa Indonesia saat ini haus akan pemimpin yang dapat mengayomi seluruh rakyat dan memperbaiki keadaan dengan ketegasan.

"Pak Mahfud dengan pengalamannya, saya kira mampu memperbaiki Indonesia yang saat ini lagi tidak baik-baik saja," tuturnya.

Jubir PSI Andre Vincent Wenas menyatakan, figur Mahfud MD sudah lulus dari kualifikasi calon pemimpin versi PSI.

Baca juga : Kepuasan Pada Kinerja Jokowi Turun, KSP: Pemerintah Kerja Keras Atasi Kesulitan Masyarakat

"Pak Mahfud itu representasi dari politik kesejahteraan, keterbukaan atau bersih, kejujuran, dan ketegasan. Saya yakin Pak Mahfud akan lebih mewarnai kepemimpinan Indonesia ke depan," ungkap Vincent.

Dia setuju dengan Hikam, bahwa PSI memang melihat nilai yang diusung dan melekat pada Mahfud MD. Yakni kesederhanaan, kejujuran, serta keberanian dan ketegasan. "Serta loyalitas. Sebenarnya kan profil ini yang dipilih Jokowi dulu untuk mendampinginya. Meski karena ada pertimbangan politik praktis, sehingga tidak di-Wapreskan, tapi di-Menkopolhukamkan," ujar Vincent.

Dikatakannya, Mahfud secara chemistry dekat sekali dengan Jokowi. Dia telah lulus kualifikasi sehingga terus dipercaya sebagai pembantunya dalam kabinet. Maka, Mahfud sangat cocok menjadi penerusnya. Selain itu, latar bekalang Mahfud sangat lengkap. Sebagai profesional, politisi, akademisi, praktisi dan pernah duduk di tiga lembaga negara, legislatif, yudikatif, dan eksekutif.

Mahfud sebagai sosok yang inklusif dan berpengatahuan luas serta tegas, lanjut Vincent, dibutuhkan untuk tantangan keberagaman, intoleransi, dan kondisi keutuhan NKRI ke depan.

Baca juga : Airlangga Dorong Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat & Optimalisasi Inklusi Keuangan

"Kemampuannya komprehensif. Dan yang paling penting untuk pemimpin selain kejujuran, adalah keberanian. Pak Mahfud kurang berani apa? Jujur tapi nggak berani buat apa. Beliau bubarin HTI. Beliau garda terdepan mengambil keputusan berani ini," ungkapnya memberi contoh.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.