Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Waketum Partai Golkar Dorong Digitalisasi Di Bidang Pendidikan

Senin, 6 Juni 2022 19:08 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo (kanan). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo (kanan). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengingatkan, setelah berhasil menghadapi Covid-19, kini bangsa Indonesia juga harus bersiap menghadapi berbagai disrupsi dan persoalan pasca pandemi. Di bidang pendidikan, misalnya, merujuk data tahun 2018 sebelum pandemi, rata-rata kemampuan membaca, sains, dan matematika pelajar nasional menempati urutan 74 dari 79 negara dunia yang disurvei.

"Pasca pandemi, kita perlu mewaspadai agar pembatasan aktivitas pembelajaran secara langsung tidak menyebabkan generasi pembelajar tumbuh sebagai lost generation, generasi yang terpaksa kehilangan fasilitasi dan referensi akademis yang memadai. Merujuk perspektif global, laporan dari 3 entitas internasional, yaitu UNESCO, UNICEF, serta Bank Dunia, diperkirakan generasi pembelajar yang terdampak pandemi berpotensi kehilangan 17 triliun dolar AS (senilai Rp 244 ribu triliun) pendapatan seumur hidup, atau setara dengan 14 persen dari PDB global saat ini," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, usai menerima Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABP PTSI) Thomas Suyatno, di Jakarta, Senin (6/6).

Baca juga : Program Baktiku Negeriku Wujudkan Digitalisasi di Taman Nasional Ujung Kulon

Hadir Pengurus ABP PTSI antara lain Ketua Umum Thomas Suyatno, Wakil Ketua Umum Iswachyu Dhaniarti, Margawati Van Eymeren dan Chriestine Ayu Ashari.

Ketua MPR ini berharap, Munas V Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia yang akan diselenggarakan pada 21-22 Juli 2022 di Surabaya, harus bisa memberikan rekomendasi sekaligus solusi bagi pemerintah, khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam menghadapi berbagai tantangan pendidikan pasca pandemi Covid-19. Sekaligus menjawab tantangan digitalisasi di bidang pendidikan yang berkembang pesat selama pandemi Covid-19.

Baca juga : Ganjar Dorong Transformasi Desa Mandiri dan Sejahtera

"Digitalisasi di bidang pendidikan harus menjadi solusi agar proses pembelajaran di perguruan tinggi bisa terbebas dari segala bentuk belenggu keterbatasan. Maka pemanfaatan teknologi harus menjadi media yang mampu menopang penyelenggaraan pendidikan. Sehingga hambatan jarak, ruang dan waktu, tidak lagi menjadi persoalan," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menerangkan, selain aksesibilitas pembelajaran yang harus dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, tantangan yang dihadapi dalam dunia pendidikan Indonesia juga pada rendahnya tingkat pendidikan penduduk Indonesia. Statistik Pendidikan 2021 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) memperlihatkan bahwa tingkat pendidikan penduduk Indonesia mayoritas masih didominasi oleh penduduk berpendidikan rendah. Pada tahun 2021, jumlah penduduk yang menyelesaikan pendidikan pada sekolah menengah atau sederajat tercatat sebesar 29,21 persen, sedangkan lulusan perguruan tinggi hanya 9,67 persen.

Baca juga : Partai Garuda: Aksi Borong Tiket Bantu Sukseskan Formula E

"Meskipun angka tersebut terus mengalami peningkatan secara konsisten, namun gambaran statistik tersebut mengisyaratkan bahwa masih banyak yang harus kita upayakan untuk meningkatkan angka partisipasi peserta didik hingga perguruan tinggi. Karenanya, keberadaan perguruan tinggi swasta yang berada di berbagai daerah, harus bisa menjadi solusi bagi pemerataan akses pendidikan tinggi terhadap berbagai kalangan masyarakat," pungkas Bamsoet.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.