Dark/Light Mode

Bidik Capres Pluralis, Nasdem Pastikan Koalisi Sebelum Akhir Tahun Ini

Minggu, 12 Juni 2022 15:48 WIB
Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate (Foto: Istimewa)
Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Nasdem akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 15-17 Juni 2022, untuk merekomendasikan 3-4 nama capres kepada Ketua Umum Surya Paloh. 

Nama-nama tersebut, nantinya akan dikerucutkan hingga menjadi calon tunggal.

"Ketua Umum Nasdem akan memilih satu nama capres definitif," kata Sekjen Partai Nasdem, Johnny G Plate kepada RM.id, Minggu (12/6).

Baca juga : Nasib Ganjar Terkatung-katung

"Selanjutnya, Ketua Umum akan membuka dialog dengan calon partai koalisi, dalam rangka membentuk koalisi Capres 2024. Agar dapat memenuhi ketentuan presidential threshold minimal 20 persen, sebagai persyaratan administratif utama pendaftaran Capres 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU)," jelasnya.

Johnny yang juga menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika meyakini, koalisi Nasdem bakal terbentuk dalam waktu singkat. Tak mepet tenggat waktu pendaftaran capres ke KPU.

"Kami meyakini, koalisi Capres 2024 dapat terbentuk dalam waktu yang tidak terlalu lama. Paling tidak, partai koalisi sudah dapat terbentuk sebelum akhir tahun 2022," ucap mantan anggota DPR itu.

Baca juga : Antrean Menumpuk, Utamakan Yang Belum Pernah Haji

Johnny menjelaskan, kriteria capres pilihan Nasdem adalah seseorang yang mampu menyatukan keberagaman masyarakat Indonesia.

"Tokoh nasional yang punya komitmen kuat atas kebangsaan, persatuan nasional dalam bingkai negara majemuk pluralis dan multikulturalis. Sosok negarawan dengan leadership yang menonjol dan disegani," urainya.

"Nasdem juga mensyaratkan komitmen dalam melanjutkan program pembangunan negara, dan konsistensi program pembangunan nasional," pungkas Johnny. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.