Dark/Light Mode

Antrean Menumpuk, Utamakan Yang Belum Pernah Haji

Minggu, 12 Juni 2022 07:05 WIB
Calon haji diantar keluarganya saat pelepasan di Masjid Al-Azhom, Kota Tangerang, Banten, Sabtu (4/6/2022). (Foto :  RANDY TRI KURNIAWAN / RM)
Calon haji diantar keluarganya saat pelepasan di Masjid Al-Azhom, Kota Tangerang, Banten, Sabtu (4/6/2022). (Foto : RANDY TRI KURNIAWAN / RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki jemaah haji terbesar di dunia. Ada ratusan ribu jemaah haji Indonesia yang diberangkatkan ke Arab Saudi setiap tahunnya. Karena itu, antrean haji di Indonesia menjadi lama.

Akun @perupadata mengungkap estimasi daftar tunggu haji di Indonesia berdasarkan data dari Kementerian Agama (Kemenag). Mulai dari Gorontalo (34 tahun) hingga Kalimantan Selatan (77 tahun). Untuk DKI Jakarta saja, kata dia, waktu tunggu untuk daftar haji mencapai 55 tahun di Jakarta.

“Oh jangan sedih dulu, Jakarta ‘hanya’ menempati peringkat kedelapan daftar provinsi dengan estimasi waktu tunggu haji paling lama. Di Kalimantan Selatan dan Nusa Tenggara Barat (NTB), waktu tunggunya diestimasikan lebih dari 70 tahun,” ungkap @perupadata.

Baca juga : Ini Fitur Jenius Yang Bantu Kelola Cash Flow

“Daftar tunggu 70 tahun tapi syarat maksimal pergi 65 tahun,” ujar @ivha­nover. “Daftarnya pas bayi lahir kalau menunggu sampai 70 tahun,” timpal @daniel1990bl.

Akun @amimaryami07 heran. Kata dia, tahun 2006 masih bisa langsung. Kata dia, daftar tahun tersebut, berangkat hajinya pun di tahun yang sama. “Kenapa sekarang begitu lama, tolong jelaskan,” katanya.

Akun @rijalasc tidak percaya estimasi daftar tunggu haji bisa sampai 70 tahun. Soalnya, kata dia, terakhir lihat antren haji sekitar 40 tahunan. Kata dia, lonjakan daftar tunggu haji tersebut tidak rasional.

Baca juga : Permintaan Pembiayaan Meningkat, Spektra Fair Tawarkan Promo Dan Beragam Kemudahan

“Kenapa bisa tambah lama begini ya? Terakhir tahu sebelum pandemi Jawa Tengah hampir 30 tahun,” ungkap @hpibnu. “Mungkin tertunda beberapa ta­hun karena pandemi. Jadi antrean tambah menumpuk,” timpal @alfiandavid.

Akun @cempakarunni meminta Kementerian Agama (Kemenag) men­gutamakan jemaah yang belum pernah naik haji. Dia menyarankan, jemaah yang sudah pernah berhaji untuk menunda daftar haji dulu. Lagian, kata dia, ibadah haji itu wajibnya cuma satu kali.

“Mohon maaf yang sudah haji jangan daftar lagi dulu ya. Beri kesempatan kami yang belum haji. Semoga Kemenag bisa lebih tegas,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.