Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gerindra Dan PKB Buka Pintu Koalisi Kebangkitan Raya, Yang Mau Masuk Silakan...

Minggu, 19 Juni 2022 09:55 WIB
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kiri) dalam pertemuan di kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jl. Kertanegara IV Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (18/6). (Foto: Istimewa)
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kiri) dalam pertemuan di kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jl. Kertanegara IV Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (18/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akhirnya sepakat membangun Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya, untuk menguatkan modal menuju Pemilihan Presiden, Legislatif, dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Meski bisa mengusung pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) sendiri - mengingat gabungan kursi keduanya sudah lebih dari 20 persen atau telah memenuhi ambang batas presidential threshold (PT) - koalisi ini tetap membuka diri untuk parpol lain bergabung.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengatakan, selain dengan PKB, pihaknya juga menjalin komunikasi politik dengan parpol lain untuk bersama-sama membangun bangsa ke arah yang lebih baik, adil, makmur dan sejahtera.

”Komunikasi antara Gerindra dan PKB berjalan dengan intensif. Juga dengan partai-partai lain. Tapi, alhamdulillah kita sudah mencapai titik-titik pertemuan, titik-titik kerja sama, titik-titik kesepakatan," kata Prabowo usai pertemuan dengan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar di kediamannya, Jl Kertanegara IV Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (18/6).

Baca juga : Hasil Pertemuan Prabowo-Imin, Gerindra-PKB Sepakat Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya

"Secara garis besar, kami sudah menyatakan keinginan untuk bersama-sama, bekerja sama dengan erat untuk menghadapi tanggung jawab kenegaraan tersebut, yaitu Pilpres, Pileg, dan Pilkada tahun 2024,” imbuhnya.

Prabowo menuturkan, Pemilu Serentak 2024 menjadi agenda yang sangat penting bagi parpol ,sebagai wujud tugas kenegaraan yang sangat serius dan penting.

"Sebagai ketua umum partai yang punya konstituen dan pengikut yang cukup besar, tentunya kami sadar akan tanggung jawab tersebut. Kami akan melaksanakan tanggung jawab tersebut dengan sebaik-baiknya,” bebernya.

Senada dengan Prabowo, Gus Muhaimin mengatakan, kesepakatan kerja sama yang sudah terjalin dengan Partai Gerindra dalam menghadapi Pemilu Serentak 2024, bisa diikuti dengan parpol lainnya.

Baca juga : Sebisa Mungkin, Politik Uang Harus Kita Tolak...

”Moga-moga, kerja sama kita ini bisa terus dilanjutkan bersama partai-partai lain untuk menuju suksesnya Pilpres, suksesnya Pilkada, dan suksesnya Pileg di 2024. Kita, PKB dan Gerindra, mempunyai visi dan tujuan perjuangan yang sama untuk NKRI yang lebih maju, adil, dan sejahtera,” katanya.

Muhaimin mengaku, dia dan jajaran DPP PKB disambut dengan penuh kehangatan dan keakraban, saat berkunjung ke kediaman Prabowo.

”Malam hari ini, saya dijamu makan malam dengan sangat lengkap. Terima kasih, makan malam yang penuh kehangatan. Sebetulnya, ini hanya kelanjutan saja dari silaturahmi dan berbagai pertemuan yang secara intensif dilakukan teman-teman jajaran pengurus DPP PKB maupun DPP Gerindra,” ungkap Gus Muhaimin.

Pertemuan ini dihadiri sejumlah elite kedua partai. Dari PKB, hadir Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu Jazilul Fawaid, Sekjen Hasanuddin Wahid, Ketua Komisi X DPR RI Fraksi PKB Syaiful Huda, Anggota Komisi I DPR Taufiq Abdullah, dan Ketua DPP Lukmanul Khakim.

Baca juga : Wow! 300 Ribu Posyandu Di Tingkat RT Mau Diaktifkan

Sementara Prabowo didampingi Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, Ketua Harian Sufmi Dasco Ahmad dan jajaran DPP Partai Gerindra lainnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.