Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

AMI Gelar Silaturahmi Di Bali

Museum Harus Bangkit Dengan Inovasi Pengelolaan Yang Sesuai Zaman

Sabtu, 4 Juni 2022 21:10 WIB
Acara silahturahmi dan pertemuan museum se-Indonesia, di Hotel Kuta Paradiso, Badung, Bali, Sabtu (4/6). (Foto: Dok. AMI)
Acara silahturahmi dan pertemuan museum se-Indonesia, di Hotel Kuta Paradiso, Badung, Bali, Sabtu (4/6). (Foto: Dok. AMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keberlangsungan museum di masa pandemi Covid-19 menjadi satu tantangan berat bagi para pengelola museum. Oleh karena itu, museum hari ini harus bangkit dengan memiliki inovasi pengelolaan dan layanan yang semakin sejalan dengan kebutuhan masyarakat dan tantangan zaman.

Demikian disampaikan Ketua Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana, di depan ratusan pengurus dan anggota AMI di acara silahturahmi dan pertemuan museum se-Indonesia, di Hotel Kuta Paradiso, Badung, Bali, Sabtu (4/6). Acara silahturahmi dan pertemuan museum se-Indonesia yang digelar 4-6 Juni 2022 ini dibuka dengan memukul kentongan yang disambut langsung tarian Bali, Sekar Jagat. Para tamu undangan terlihat memakai baju adat dari masing-masing daerah. Meski sudah memasuki fase endemi, protokol kesehatan tetap diterapkan di acara ini.

Dengan mengusung tema “AMI Melangkah Maju untuk Penguatan Kebudayaan Bangsa dan Peradaban Dunia”, Putu berharap agar Asosiasi Museum Indonesia terus mampu melangkah maju demi penguatan kebudayaan bangsa dan peradaban dunia.

Baca juga : Angkat Aja Pegawai Honorer Yang Sudah Lama Mengabdi

"Kegiatan AMI kali ini tentu sejalan dengan semangat kita bersama, untuk memulihkan kepariwisataan Indonesia, secara lebih khusus Bali yang merupakan destinasi utama kepariwisataan nasional, akibat dampak pandemi Covid-19. Pertemuan kali ini juga merupakan momentum yang sangat langka, karena prakarsa dan pelaksanaan kegiatan merupakan swadaya dari keluarga besar Asosiasi Museum Indonesia," ucap Putu.

Yang membanggakan, lanjutnya, acara dihadiri secara fisik oleh pimpinan museum dari seluruh indonesia. Mereka datang bersama, bersinergi, bangkit dan melangkah maju menggaungkan kembali kemulian dan kejayaan warisan budaya nusantara kejayaan warisan budaya Nusantara.

"Di sinilah peran penting dan strategis Asosiasi Museum Indonesia, untuk mengawal, mengkonsolidasikan dan mengkoordinasikan museum-museum di Indonesia. Melalui pertemuan ini, akan dapat dirumuskan berbagai inovasi pengelolaan museum kedepannya. Di samping itu pula akan tergaung kesadaran dan semangat cinta museum sehingga setiap insan mengetahui, memahami dan merasakan akan tak terhingganya nilai kekayaan bangsa Indonesia," ucap Anggota Komisi VI DPR ini.

Baca juga : Gandeng BPKP, Bank Mandiri Layani Pengelolaan Keuangan Daerah Secara Digital

Menurut Putu, AMI mengabdi memuliakan kebudayaan melalui museum-museumnya. Yaitu dengan terus melakukan segala sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak, baik pemerintah pusat maupun daerah, institusi pendidikan dan para akademisi, komunitas seni budaya, segenap masyarakat khususnya generasi muda, untuk bersama memajukan permuseuman Indonesia, merevitalisasi jati diri dan kepribadian bangsa Indonesia.

"Semangat sinergi ini merupakan pondasi utama AMI untuk terus mendorong nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa. Melalui upaya keterpaduan ini, diharapkan dapat terjalin suatu hubungan yang saling asah-asih-asuh, sehingga memungkinkan terjadinya akselerasi penyebaran gagasan serta implementasi nilai-nilai luhur kultural bangsa dalam kehidupan kemasyarakatan kita," ungkapnya.

Pada silahturahmi AMI ini, hadir juga melalui daring Pimpinan Komisi X DPR dari Fraksi Demokrat Dede Yusuf dan Anggota Komisi X DPR Fraksi Golkar Ferdiansyah. Dede Yusuf mengatakan, pemanfaatan koneksi baru dan teknologi audio visual harus diterapkan dalam museum yang ada di Indonesia. Sebab, museum adalah bagian dari peradaban manusia.

Baca juga : Gelar Public Expose 2022, Phapros Fokus Lakukan Inovasi dan Digitalisasi

Tak lupa, Putu juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Dede Yusuf dan Ferdiansyah, yang berkenan memberikan sekapur sirih sekaligus bersama membuka kegiatan AMI yang diselenggarakan di Pulau Dewata.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.