Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Elektabilitas Meroket Di Litbang Kompas, Perindo: Semangat Berlipat Ganda!

Selasa, 21 Juni 2022 21:03 WIB
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Boyke Novrizon. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Boyke Novrizon. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Boyke Novrizon bersyukur partainya kini mendapatkan jalan yang lapang di bursa parpol menuju Pemilu 2024. Termasuk, hasil survei terbaru Litbang Kompas yang menilai Perindo terus mengalami peningkatan satu tahun terakhir.

"Kami tentu bersyukur kepada Allah SWT dan mengucapkan terima kasih yang besar kepada masyarakat Indonesia dan juga segenap kader Perindo setanah air dengan harapan baik ini, yang tentunya kian membuat kader Perindo miliki semangat yang berlipat ganda untuk selalu berjuang dalam membesarkan partai," ujar Boyke, kepada RM.id, Selasa (21/6).

Boyke optimistis, Perindo bisa mencapai target 8-10 persen suara nasional di Pemilu 2024. Terlebih, partainya terus meraih tren positif, termasuk di survei Litbang Kompas. Asumsinya, Perindo saat ini semakin mendapatkan kepercayaan juga tempat terhormat di hadapan masyarakat Indonesia dan selalu siap untuk bersaing dengan partai parlemen lainnya.

Di survei Litbang Kompas, Perindo tercatat memiliki elektabilitas di peringkat ke sembilan sebesar 3,3 persen. Angka ini, mampu melampaui partai Senayan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang berada di posisi ke-10 dengan nilai 2 persen. Hebatnya, angka ini diraih dengan tren peningkatan yang signifikan.

Baca juga : Meroket Di Survei, Sekjen Partai Perindo Pasang Target 8-10 Persen Di Pemilu 2024

Di Oktober 2021, elektabilitas Perindo ada di angka 1,6 persen. Kemudian menjadi 2,5 persen di Januari 2022. Nah, di bulan ini, Perindo berada di angka 3,3 persen.

"Saya optimistis, di bawah Komando Ketua Umum Bapak  Hary Tanoesoedibjo, Perindo bisa menjadi parpol yang mendapatkan tempat disenayan dan parpol yang selalu konsen memperjuangkan harapan dan cita-cita luhur bangsa juga masyarakat Indonesia," yakinnya.

Optimisme ini, kata Boyke, didasari kekuatan fundamental partai yang menurutnya dalam posisi on fire untuk ikut Pemilu 2024. Berbagai program berbasis ekonomi kerakyatan tengah dibangun dan dijalankan. Belum lagi, partai ini memiliki jalan politik kebangsaan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang sangat kuat.

Dirincikan, program ekonomi kerakyatan dalam memperkuat basis UMKM masyarakat, salah satunya adalah Gerobak Perindo. Ini, menjadi ikonik dan terus digaungkan.

Baca juga : Bamsoet Ingatkan Ancaman Serangan Ideologi Pemecah Belah Bangsa

Hingga saat ini, sudah banyak rakyat yang akhirnya mandiri secara ekonomi setelah melakoni kursus kewirausahaan, dimodali, dan dimentori untuk berbisnis. Dalam menjaga semangat persatuan dan kesatuan Perindo selalu konsisten berjuang, melakukan silaturahmi dengan seluruh pemuka agama dan saling berbicara tentang keberlangsungan kerukunan umat beragama.

Terlebih, katanya, Perindo memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang sangat kuat di bidangnya. Tidak hanya ekonomi, yang dimentori langsung oleh Ketum Hary Tanoesoedibjo.

"Para politisi dan pakar politik berlomba menjadi kader, kita juga kedatangan anak-anak muda yang cerah di bidang seni dan kreatif, praktisi hukum yang cukup handal untuk melabuhkan jalan politiknya bergabung dan berjuang bersama dalam rumah perjuangan Partai Perindo," pungkasnya.

Seperti diketahui, Litbang Kompas merilis survei terbaru bursa parpol menuju Pemilu 2024. Hasilnya, PDIP tetap di pucuk dengan elektabilitas sebesar 22,8 persen. Di urutan kedua, Partai Gerindra sebesar 12,5 persen. Kemudian, Partai Demokrat (11,6 persen), Partai Golkar (10,3 persen), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sama-sama memperoleh 5,4 persen. Partai NasDem (4,1 persen) dan PAN 3,6 persen.

Baca juga : Relawan Perempuan Dan Anak Perindo Dampingi Korban Rudapaksa

Sementara itu, jumlah swing voter atau suara mengambang pada survei elektabilitas parpol terbaru yang digelar Litbang Kompas, mencapai 16 persen. Adapun, perolehan parpol lainnya di luar parlemen lainnya seperti Partai Hanura hanya memperoleh 1 persen, PSI 0,7 persen, dan PBB 0,4 persen.

Survei tersebut melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak pada 26 Mei hingga 4 Juni 2022, dengan margin of error, 2,8 persen. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.