Dark/Light Mode

400 Lebih Pemilik Suara Golkar Dukung Incumbent

Agus: Airlangga Terpilih Aklamasi Terbuka Lebar

Rabu, 10 Juli 2019 07:33 WIB
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan) dan politisi senior Partai Golkar yang juga Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri). (Foto: Istimewa).
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan) dan politisi senior Partai Golkar yang juga Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukungan terhadap Air langga Hartarto menjadi Ketua Umum Partai Golkar da lam Musyawarah Nasional (Munas) akhir tahun ini semakin menguat. 400 lebih pemilik suara yang mendukung membuka peluang Airlangga terpilih secara aklamasi.

HAL itu disampaikan politisi senior Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita kepada wartawan di Poltekesos Kota Bandung, Jawa Barat, kemarin.

“Faktanya, Airlangga memiliki dukungan dari 400 daerah. Bahkan, sekarang di atas 400 daerah. Ini bisa mengarah pada aklamasi,” kata Agus yang juga menjabat Menteri Sosial ini.

Menurut dia, calon tunggal adalah hal yang tidak tabu dalam sebuah organisasi, termasuk partai politik. Sepanjang dukungan tersebut berasal dari daerah-daerah atau pemilik suara munas.

Baca juga : Airlangga Tak Tergoyahkan

“Aklamasi itu kan salah satu bagian dari demokrasi. Selama aspirasi yang datang dari daerah, nggak ada unsur paksaan,” ungkap dia. Agus mengatakan, DPD Golkar Jawa Barat menjadi yang pertama menyatakan dukungan kepada Menteri Perindustrian tersebut.

Beberapa provinsi juga secara bertahap menyampaikan dukungan secara tertulis. “Pak Airlangga menerima lima provinsi yang masing-masing menyampaikan dukungan lengkap dengan tanda tangan pe ngurus provinsi dan kota. Banten, Maluku Utara, Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur dan lain-lain,” bebernya.

Seperti diketahui, perebutan kursi Ketum Golkar tengah memanas. Airlangga Hartarto dan Bambang Soesatyo sama-sama meng klaim jumlah dukungan untuk maju sebagai Caketum Golkar.

Terpisah, Wakil Bendahara Umum Golkar Satya Yudha mengatakan, pihaknya tengah bersiap melakukan rapat pleno menuju perencanaan jadwal Munas Golkar tahun ini.

Baca juga : Yusril: Yang Beda Pilihan Tidak Lebih Dari 80 Orang

Munas merupakan agenda lima tahunan yang digelar sebagai acara pemilihan umum di internal untuk memilih ketua umum Golkar selama satu periode.

Namun, Satya belum membuka kapan tepatnya pleno akan dilaksanakan. “Pasti segera rapat pleno. Kita kan suasananya juga baru saja selesai pileg dan kita sekarang sedang berjalan,” jelasnya.

Menurut rencana, dalam rapat pleno akan merumuskan waktu yang tepat untuk diadakan Munas Golkar.

“Tentunya nanti kesekjenan Golkar akan merumuskan pada waktu yang tepat, karena mengingat posisi keanggotaan anggota pleno Golkar sendiri,” ujar Satya.

Baca juga : Muslim : Sabar, Tunggu Usai Munas Golkar Bulan Desember

Rencana rapat pleno yang akan digelar dalam waktu dekat, lanjut Satya, juga akan mendata kembali anggota yang tidak aktif. Terutama anggota-anggota di masa peralihan dari Mantan Ketum Golkar Setya Novanto ke Airlangga Hartarto.

“Kita mengakomodasi semuanya dan mesti kita evaluasi, apakah pengurus-pengurus pleno itu, mana yang aktif mana yang tidak aktif,” katanya. [MHS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.