Dark/Light Mode

Pastikan Munas Golkar Desember

Airlangga Tak Tergoyahkan

Minggu, 23 Juni 2019 07:03 WIB
Ailangga Hartarto (Foto: Istimewa)
Ailangga Hartarto (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan Munas Golkar akan tetap digelar sesuai jadwal yaitu pada Desember 2019. Kata dia, tak ada alasan untuk mempercepat munas. Posisi Airlangga pun tak tergoyahkan.

Akhir pekan kemarin, Airlangga melakukan blusukan ke Bangka Belitung. Ada sejumlah agenda yang dijalaninya. Siang hari, dia menggelar konsolidasi dan halalbihalal dengan pengurus Golkar Bangka Belitung, malamnya dilanjutkan dengan membuka Kejurnas Wushu di GOR Sahabuddin Pangkalpinang. Selain menjadi Menteri Perindustrian, Airlangga memang menjabat sebagai Ketum PBWI, Pengurus Besar Wushu Indonesia.

Airlangga mengatakan, konsolidasi dilakukan untuk mempersiapkan agenda politik di Bangka Belitung yang akan menggelar pilkada tahun depan. Ia ingin kader di daerah melakukan persiapan yang matang untuk memenangkan pilkada. Apalagi, kata dia, suara Golkar di Bangka Belitung sangat membanggakan. 

Baca juga : KPK Periksa Wali Kota Dumai Sebagai Tersangka

Kader Golkar menjadi pimpinan DPRD di empat kabupaten/kota. Suara Golkar di sana pun berada di urutan kedua. "Kita akan mempersiapkan kader-kader Golkar agar bisa ikut serta dalam pilkada nanti," kata Airlangga, kepada wartawan usai halalbihalal di Hotel Novotel Bangka, kemarin.

Soal Munas, apakah akan dipercepat seperti permintaan sejumlah kader Golkar? Ditanya begitu, Airlangga tersenyum. Dia memastikan, Munas tetap digelar sesuai jadwal: Desember nanti. Tidak ada alasan mempercepat munas. Di mana lokasinya? "Belum tahu. Nanti dirapatkan kembali," kata Airlangga.  

Airlangga mengaku, dalam acara halalbihalal itu ia juga mendapat dukungan dari para pengurus  untuk mencalonkan kembali menjadi ketum Golkar. "Saya menerima masukan-masukan dan juga dukungan yang disampaikan  daerah (Bangka Belitung)," ujarnya.

Baca juga : BPKN: Kebijakan Denda Grab Berpotensi Langgar Aturan

Airlangga adalah Ketum Golkar ke 11. Ia menjabat sejak 13 Desember 2017 mengantikan Setya Novanto. Isu Munas Golkar mulai memanas setelah beberapa kader Golkar ingin munas dipercepat. Perihal percepatan itu antara lain disuarakan oleh Bambang Soesatyo dan Yorrys Raweyai.   

Selama sepekan terakhir, tensi politik di partai pohon beringin itu mulai beriak. Dukung mendukung calon sudah terdengar. Sementara ini, baru  ada dua calon yang menguat. Yaitu Airlangga dan Bambang Soesatyo.

Wasekjen DPP Partai Golkar Christina Aryani mengatakan, dukungan kepada Airlangga untuk kembali memimpin Golkar terus menguat. Dukungan dari daerah-daerah pun terus mengalir. “Hampir semua DPD sudah menyatakan sikap akan tetap solid mendukung Pak Airlangga memimpin kembali,” kata Christina.

Baca juga : Kaesang Koleksi Celana Cingkrang

Menurut dia, dalam 1,5 tahun terakhir banyak capaian positif yang diraih Golkar. Dia menilai, Airlangga berhasil membawa Golkar melewati fase sulit. Bahwa ada kader lain yang juga akan maju, tentu saja baik sejauh melewati proses-proses demokrasi dalam partai.  

Airlangga pun mempersilakan siapapun kader Golkar yang ingin mencalonkan diri jadi caketum. “Munas Golkar kan memang terbuka untuk publik,” kata Airlangga, pertengahan pekan kemarin. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.