Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Soal Jadi MenPAN-RB

Ganjar Malu-malu Kucing

Rabu, 6 Juli 2022 07:28 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Dok. Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Dok. Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah hubungannya dengan PDIP membaik, Ganjar Pranowo kini digadang-gadang jadi calon Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Apa tanggapan Ganjar soal peluang menduduki jabatan mendian Tjahjo Kumolo? Gubernur Jawa Tengah itu, masih malu-malu kucing.

Saat ini, hubungan Ganjar dengan PDIP sudah tidak panas lagi.  Beberapa kali, Ganjar menunjukkan bahwa dirinya banteng penurut. Mulai dari ikut sekolah partai, rakernas, menggelar peringatan Bulan Bung Karno, hingga terakhir menjemput Megawati Soekarnoputri di Bandara Ahmad Yani, Semarang, Jateng, Senin (4/7).

Sikap penurut Ganjar juga mulai berbuah manis. Ganjar yang sebelumnya banyak dimusuhi kander banteng, kini mulai dipuji-puji. Termasuk dijagokan sebagai MenPAN-RB, kursi menteri yang sebelumnya diduduki oleh politisi senior sekaligus eks Sekjen PDIP, Tjahjo Kumolo. Jumat (1/7), Tjahjo meninggal dunia usai menjalani perawatan selama beberapa pekan di RS Abdi Waluyo, Jakarta.

Baca juga : SAGA Gelar Deklarasi Dukung Ganjar Di Lima Provinsi

Nama Ganjar sebagai calon MenPAN-RB pengganti mendiang Tjahjo, pertama kali disebut oleh Ketua DPP PDIP, Djarot Hidayat. Eks Wakil Gubernur DKI itu menyebut, Ganjar masuk nominasi dari kader PDIP dari jalur kepala daerah. "Ada Pak Ganjar, Pak Olly Dondokambey sebagai gubernur," kata Djarot di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/7).

Sebagai kader PDIP, Ganjar memang memiliki kriteria untuk menempati posisi MenPAN-RB. Ganjar selama ini dikenal dekat dengan Jokowi. Selain itu, Ganjar juga berpengalaman dalam birokrasi pemerintahan sebagai Gubernur Jateng 2 periode. Ganjar juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR yang salah satu tupoksinya di bidang pemerintahan.

Apa tanggapan Ganjar? Politisi berambut putih itu masih malu-malu kucing dijagokan sebagai MenPAN-RB. Alasannya, Ganjar mengaku saat ini masih fokus melaksanakan tugasnya sebagai kepala daerah yang akan pensiun di tahun depan. "Di Jawa Tengah saja, saya beresin Jawa Tengah dulu," kata Ganjar, kemarin.

Baca juga : Saga Tebar Sembako Dan Deklarasi Dukung Ganjar Di Kuningan

Untuk diketahui, saat ini, jabatan MenPAN-RB diisi oleh Tito Karnavian. Menteri Dalam Negeri itu ditunjuk Presiden Jokowi sebagai MenPAN-RB ad interim. Jabatan itu akan dipegang Tito sampai Jokowi melantik MenPAN-RB yang baru.

Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari menyarankan Ganjar sebaiknya menolak untuk dijadikan MenPAN-RB. Dengan menjabat sebagai MenPAN-RB, kata dia, justru akan menggerogoti peluang Ganjar berlaga di Pilpres 2024. Elektabilitas Ganjar yang tinggi sebagai capres, bakal tergerus. "Ketika jadi menteri tentu popularitas Ganjar bisa mengalami penurunan," kata Qodari.

Kok bisa? Menurutnya, panggung politik yang lebih mudah untuk mengkerek elektabilitas tokoh adalah sebagai kepala daerah. Sebab, kinerja kepala daerah itu langsung bersentuhan dengan rakyat. Hal inilah yang terjadi dengan Presiden Jokowi. Elektabilitasnya meroket usai Jokowi diboyong ke DKI Jakarta. Sementara jabatan menteri, lanjut dia, bidangnya sangat spesifik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.