Dark/Light Mode

Ditugasin Mega Lobi Sana-Sini

Jurus Puan Bisa Bikin KIB Dan KIR Buyar Lho

Sabtu, 16 Juli 2022 08:00 WIB
Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Puan Maharani. (Foto: Antara)
Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Puan Maharani. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Namun, PDIP harus jeli memantau elektabilitas Puan dan Ganjar. Bila tidak, efeknya terstruktur, sistematis, dan masif terhadap skenario PDIP untuk mencetak hattrick di pileg dan pilpres 2024.

Pasalnya, suara partai di elit maupun publik secara keseluruhan menjadi terbelah ke sosok Puan atau Ganjar. “Puan maju sebagai Capres, peluang PDIP bisa meraih hattrick di Pileg dan Pilpres semakin membesar. Karena masih ada waktu untuk mendongrak elektabilitasnya. Tapi bila tak terdongkrak suaranya, Banteng harus jeli mengubah skenarionya,” sarannya.

Lantas PDIP akan berkoalisi dengan partai apa? Dipaparkan Agung, secara teknis, jika Puan sebagai Capres, maka kans terbesar untuk berkoalisi terbuka ke KIB. Sebab, sampai sekarang belum ada nama resmi yang diajukan untuk sebagai capres maupun cawapres di koalisi itu. Puan Capres juga bisa masuk ke Koalisi Gondang dia bersama Anies. “Jika Puan sebagai cawapres bisa masuk ke KIR yang menguat bersama Prabowo sebagai capres,” terangnya.

Baca juga : Puan Masih Nyantai

Sebelumnya, Bambang Wuryanto menyatakan, partainya tetap membuka pintu komunikasi dengan semua partai. Puan yang ditugaskan menjajaki peluang koalisi, akan berkomunikasi dengan seluruh ketua umum partai.

“Perintah Ibu (Megawati) kepada Mbak Puan bersilaturahmi dengan semua ketua-ketua partai. Perintah Ibu (Megawati) tidak ada perkecualian, dan mengatakan ini nomor satu, ini nomor dua. Bisa saja zig-zag. Terserah Mbak Puan,” tuturnya.

Sementara itu, PKB menyambut baik rencana Puan bertemu dengan semua pimpinan partai politik. PKB merasa cocok dengan PDIP karena sejak dulu punya kedekatan. “Kita tunggu Mbak Puan bertemu langsung ke Pak Muhaimin,” ujar Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, kemarin.

Baca juga : Putrajaya Sepi Tapi Aman, Bisa Ditiru IKN Nusantara

Diakui, hingga saat ini, PKB dan Gerindra belum mengajak PDIP dalam koalisinya. Ditegaskan, KIR terbuka dengan partai manapun, termasuk denganPDIP.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra juga menyebut, partainya terbuka membangun komunikasi politik dengan semua partai, termasuk PDIP.

Menurutnya, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sudah pernah bertemu Puan. AHY juga sudah bertandang ke kediaman Megawati di Teuku Umar, pada Hari Raya Idul Fitri lalu. AHY selalu mengingatkan, membangun bangsa haruslah bersama-sama. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.