Dark/Light Mode

Rajin Blusukan, Puan Makin Dekat Dengan Rakyat

Kamis, 16 Juni 2022 14:40 WIB
Ketua DPR Puan Maharani blusukan menemui warga Perak Utara yang tinggal di sepanjang bantaran rel kereta, Kelurahan Prapat Kurung Tegal, Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (15/6). (Foto: Instagram Puan)
Ketua DPR Puan Maharani blusukan menemui warga Perak Utara yang tinggal di sepanjang bantaran rel kereta, Kelurahan Prapat Kurung Tegal, Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (15/6). (Foto: Instagram Puan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Politik dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saidiman Ahmad mengatakan, seseorang yang ingin mencalonkan diri sebagai presiden di Pilpres 2024 memang harus lebih sering menyapa masyarakat. 

Hal itu disampaikan Saidiman menyikapi geliat Ketua DPR Puan Maharani yang rajin melakukan kunjungi kerja sembari blusukan ke berbagai daerah. 

"Saya kira semakin sering berjumpa dengan masyarakat luas, maka persepsi berjarak itu barangkali bisa dikikis," kata Saidiman saat dihubungi RM.id, Kamis (16/6). 

Baca juga : KPK Buka Peluang Jerat Anak Mantan Pejabat Pajak Wawan Ridwan

Dia bilang masyarakat mempunyai kriteria khusus seorang pemimpin. Yaitu dekat dengan rakyat. Artinya masyarakat tidak merasa berjarak dengan capres yang dipilihnya menjadi presiden. 

"Perlu disadari publik memang memiliki preferensi calon pemimpin nasional. Salah satu kriteria yang publik inginkan adalah sedapat mungkin sang calon atau tokoh dekat dengan publik. Dia menjadi bagian dari publik itu sendiri," ungkapnya. 

Poin tersebut menjadi tantangan Puan. Sebab Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan itu tumbuh besar di lingkungan priyayi. Dia cucu Soekarno dan anak dari pasangan Megawati Soekarnoputri dengan Taufik Kiemas. 

Baca juga : Mbak Puan, Kejarlah Ganjar!

"Kerja-kerja lapangan meyakinkan publik memang harus dilakukan semakin intens," tukasnya. 

Sebelumnya, Puan kembali melakukan kunjungan kerja ke Surabaya, Jawa Timur, kemarin. Ini kali kedua Puan melaksanakan kunjungan kerja ke Surabaya pada tahun ini. Agenda awal Puan yaitu membuka sekaligus menjadi keynote speaker pada Forum Ketua Parlemen (P20) negara G20. Puan juga akan melakukan kunker di sejumlah daerah di Jatim. 

Di hari kedua atau Kamis (16/6), Puan akan meninjau pertanian di Mojokerto. Lalu, ke Magetan untuk mengunjungi rumah lansia, SD Luar Biasa, serta berdialog dengan warga Karang Rejo.

Baca juga : Adakan Penyuluhan, Pertamina EP Dukung Penganggulanan Stunting

“Kunjungan kerja ini dalam rangka mendengarkan aspirasi masyarakat untuk disalurkan lewat fungsi legislasi, pengawasan, dan anggaran yang menjadi kewenangan DPR,” kata Puan, Selasa (14/6).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.