Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Liputan Rakyat Merdeka Dari Malaysia

Putrajaya Sepi Tapi Aman, Bisa Ditiru IKN Nusantara

Rabu, 6 Juli 2022 08:05 WIB
Orang dewasa hingga anak-anak bermain di taman-taman di kawasan Putrajaya, Malaysia, menjelang tengah malam. (Foto Paul Yoanda/RM)
Orang dewasa hingga anak-anak bermain di taman-taman di kawasan Putrajaya, Malaysia, menjelang tengah malam. (Foto Paul Yoanda/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah berencana memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) dari wilayah DKI Jakarta, ke Nusantara di Kalimantan Timur. Kota Putrajaya di Malaysia, mungkin bisa jadi salah satu contoh kota baru, yang dipersiapkan jadi IKN.

Berjalan menyusuri Putrajaya, memberi kesan tersendiri. Termasuk bagi rombongan wartawan asal Indonesia yang bertandang ke sini, dalam rangka program Ikatan Setia Kawan Wartawan Malaysia-Indonesia (ISWAMI) 2022, pada 28 Juni hingga 1 Juli 2022. Selama sepekan itu, wartawan Rakyat Merdeka, Paul Yoanda Butarbutar dan rombongan menginap di kawasan Putrajaya.

Baca juga : PMI Wanita Difasilitasi Rumah Khusus, Keamanan Terjamin

Putrajaya, yang diambil dari nama Perdana Menteri (PM) pertama Malaysia, Tunku Abdul Rahman Putra, memang disiapkan khusus sebagai pusat Pemerintahan. Pasalnya, Kota Kuala Lumpur dinilai sudah tak lagi sanggup menanggung beban berat sebagai Ibu Kota Malaysia, hingga pusat ekonomi dan bisnis.

Putrajaya tadinya masuk ke wilayah Selangor. Namun sekarang sudah jadi daerah khusus mirip DKI Jakarta. Di Malaysia, disebutnya Persekutuan. Ada tiga Pesekutuan di sana. Putrajaya, Kuala Lumpur dan Labuan.

Baca juga : Ganda Putra Tetap Optimistis

Putrajaya berada di tengah-tengah antara Kuala Lumpur dan Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA). Jarak dari pusat kota Kuala Lumpur ke Putrajaya tak sampai 40 kilometer. Sedangkan dari KLIA, sekitar 31 km.

Sebagai pusat Pemerintahan, fasilitas di Putrajaya terbilang lengkap. Dengan luas sekitar 5.000 hektare, wilayah yang tadinya perkebunan kelapa sawit dan karet itu, disulap jadi modern, ramah lingkungan, dan berkelanjutan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.