Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Survei ARSC: Simulasi Pilpres 2 Paslon, Airlangga-AHY Ungguli Prabowo-Puan

Rabu, 20 Juli 2022 21:37 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Airlangga Hartarto-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menjadi pemuncak survei yang digelar Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC), dalam simulasi dua paslon calon presiden pada Pemilu 2024 melawan pasangan Prabowo Subianto-Puan Maharani.

Peneliti ARSC Bagus Balghi menyatakan, Airlangga Hartarto mendapat insentif politik dari kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah di bidang pemulihan ekonomi.

Sementara figur AHY, dianggap mewakili representasi anak muda sesuai dengan bonus demografi pada pemilu mendatang.

Baca juga : Ganjar-Anies Di Tangga Naik, Prabowo Di Jalur Penurunan

Menurut Bagus, survei ARSC melakukan simulasi pasangan calon dengan mempertimbangkan kombinasi pasangan calon antara figur ketua umum/pimpinan partai politik dengan sosok populer, berikut hasil temuan simulasinya.

Airlangga Hartarto-Agus Harimurti Yudhoyono dipilih 24,4 persen responden, diikuti Prabowo Subianto-Puan Maharani dengan 17,7 persen.

"Survei ini secara nasional berlangsung pada 21 Juni-5 Juli 2022 melalui wawancara telepon menggunakan kuesioner terstruktur. Survei ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi dan sikap masyarakat terhadap isu-isu aktual terkait dengan kinerja pemerintahan dan kontestasi menuju Pemilu 2024," ujar Bagus, Rabu (20/7).

Baca juga : Survei Nasional LSN: Nahdliyin Condong Dukung Prabowo

Survei mengambil sampel 1.225 responden, terbagi secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih (penduduk usia dewasa) yang tercatat pada Pemilu 2019. Sampel ditentukan dengan acak bertingkat (multistage random sampling, dengan margin of error kurang lebih 2,8 persen pada tingkat kepercayaan (level of confidence) 95 persen.

Bagus menyebut, kombinasi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang dinilai publik ideal adalah sosok ketua umum/pimpinan partai politik dan sosok populer.

"Pasangan ideal ini sebagai representasi dari keseimbangan antara kebutuhan memperkuat institusi partai politik, demokrasi dan popularitas figur. Hal inilah yang dipandang ARSC sebagai titik tengah penguatan demokrasi di Indonesia," tandas Bagus. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.