Dark/Light Mode

Survei ARCI

Emil Dardak Paling Kinclong Di Jatim, Bisa Dongkrak Suara Demokrat Di Pilkada 2024

Kamis, 21 Juli 2022 11:00 WIB
Emil Elestianto Dardak (Foto: Instagram)
Emil Elestianto Dardak (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Politik dari Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) Baihaki Siraijt meyakini, Emil Elestianto Dardak adalah tokoh muda yang memiliki potensi untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur (Pilkada Jatim) 2024.

"Emil Dardak memang tokoh muda cerdas. Masyarakat mengetahui figurnya, karena saat ini dia menjabat Wakil Gubernur Jatim," ujar Baihaki seperti dilansir ANTARA, Kamis (21/7).

Hasil riset terbaru ARCI mengokohkan Emil Dardak sebagai tokoh muda paling potensial dalam Pilkada 2024. Baik untuk posisi calon gubernur atau wakil gubernur. Elektabilitasnya mencapai 14,6 persen.

Baca juga : Survei ARSC: Simulasi 3 Paslon, Airlangga-Ganjar Menang Pilpres

Emil Dardak yang kini menjabat sebagai orang nomor dua di Pemprov Jatim, saat ini duduk di posisi Ketua DPD Partai Demokrat Jatim. Politisi kelahiran 20 Mei 1984 itu juga pernah menjadi Bupati Trenggalek.

"Emil Dardak bisa mengatrol perolehan suara Partai Demokrat pada Pemilu 2024. Tinggal bagaimana dia turun ke akar rumput, menyapa masyarakat. Beliau harus memposisikan diri tidak hanya sebagai Wagub, tetapi juga Ketua Demokrat," papar Baihaki.

Tokoh muda lain yang juga berpeluang muncul di bursa Pilkada Jatim menurut catatan ARCI adalah Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, dengan elektabilitas 4,25 persen.

Baca juga : Safari Politik Prabowo Di Jatim Perbesar Potensi Kemenangan Di Pilpres 2024

Disusul Bupati Gresik Ahmad Yani,m (4 persen), dan anggota DPRD Jatim asal Partai Gerindra M Fawait (3,83 persen), kader baru Golkar Jatim Bayu Airlangga (3,6 persen), Bupati Sumenep (2,08 persen), dan Bupati Kediri Hanindhito Pramana (1,91 persen).

Survei ARCI dilakukan pada 25 Juni 2022 hingga 10 Juli 2022 di 38 Kabupaten/Kota Jatim dengan jumlah responden proporsional.

Survei ini menggunakan multistage random sampling dengan melibatkan 1.200 responden, margin of error sebesar kurang lebih 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.