Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Beroperasi 24 Jam, Donor Darah Dan Plasma Kini Bisa Dilakukan Di UDD PMI Tingkat Kota Lho!

Sabtu, 7 Agustus 2021 16:36 WIB
Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi. (Foto: Ist)
Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada kabar baik! Sejak 5 Agustus, donor darah merah dan plasma konvalesen di DKI Jakarta sudah dapat dilakukan pada Unit Donor Darah (UDD) tingkat kota.

Kabar baik itu diumumkan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, Rustam Effendi secara langsung di aula UDD PMI DKI Jakarta kepada para pendonor darah dan masyarakat yang ada di lokasi.

Menurut Rustam, langkah itu diambil, ealah satunya demi mencegah terjadinya klaster penyebaran virus di UDD PMI DKI Jakarta.

"Mengingat besarnya jumlah permintaan darah dan donor plasma konvalesen yang berlangsung setiap hari," ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (7/8).

Selain itu, langkah itu juga diambil untuk meningkatkan kapasitas teknis dan tenaga profesionalnya pada tingkat kota.

Alasan lain, meningkatkan efektifitas pelayanan donor darah dan efisiensi biaya pengolahan darah bagi pasien umum dan pasien Covid-19. "Juga menghemat waktu dan biaya transportasi para donor dan permintaan darah bagi pasien," imbuhnya.

Baca juga : Penanganan Pandemi Tak Bisa Dilakukan Dari Belakang Meja Saja

Rustam menambahkan, PMI DKI Jakarta tengah melakukan langkah-langkah penyempurnaan secara sistem maupun operasional agar kegiatan persediaan darah dapat berkualitas, cepat, dan murah bagi masyarakat yang belum memiliki BPJS Kesehatan.

Pengalihan kegiatan donor dan pelayanan permintaan darah ini pun merupakan bagian dari penyempurnaan sistem teknis dan kapasitas UDD PMI DKI Jakarta. "Di mana pelayanan donor darah harus semakin tepat sasaran dan efisien," beber Rustam.

Soal terbatasnya jumlah donor darah dan persediaan darah, Rustam meminta rumah sakit mengajukan permintaan darah ke PMI terdekat.

Sementara keluarga pasien dapat donor darah umum dan plasma konvalesen dengan membawa donor pengganti dari keluarganya yang segolongan darah dengan pasien.

"Permintaan darah dilakukan pada UDD PMI Kota sesuai formulir permintaan darah dikirimkan," ungkapnya.

Tetapi diingatkan Rustam, donor darah langsung atau pengganti sebaiknya dilakukan di UDD Kota sesuai arahan rumah sakit.

Baca juga : Kenapa Nia Ramadhani-Ardi Bakrie Baru Dihadirkan Hari Ini? Ini Kata Polisi

Nah, jika Anda ingin mendonorkan darah atau plasma konvalesen, kini ada 4 UDD PMI Tingkat Kota yang dapat melayaninya selama 24 jam. Keempat lokasi itu yakni:

1. UDD PMI Kota Jakarta Selatan

Jalan Condet Pejaten No 9A, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, 12510

2. UDD PMI Jakarta Barat

Jalan Perdana Nomor 12 Wijaya Kusuma, Grogol Petamburan, Jakarta Barat 11460

3. UDD PMI Kota Jakarta Timur

Baca juga : Pandemi Jangan Mager, Olahraga Bisa Dilakukan Virtual Lho…

Jalan I Gusti Ngurah Rai No 77, Duren Sawit, Jakarta Timur 13470

4. UDD PMI Kota Jakarta Utara

Jalan Plumpang Semper Nomor 54, Koja, Jakarta Utara 14260

Selain itu, pendaftaran juga bisa dilakukan secara online melalui https://plasmakonvalesen.jakarta.go.id atau melalui Whatsapp ke Halo Donor di 08568 864 678.

Jika sekadar ingin mengetahui informasi penting terkait donor darah dan donor plasma konvalesen, Anda juga bisa mencarinya di sana. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.