Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Partai Mulai Elus Calon

Perang Bintang Bakal Warnai Pilkada Jambi

Sabtu, 29 Januari 2022 07:25 WIB
Ilustrasi Pilkada Jambi 2024. (Foto: Antara)
Ilustrasi Pilkada Jambi 2024. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah pengamat memprediksi bakal terjadi perang bintang di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi 2024. Sejumlah kepala daerah dan petinggi atau elite parpol masuk bursa kandidat calon orang nomor satu di Jambi.

Pengamat politik dan Kebijakan Publik Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin (UIN STS) Jambi, Dedek Kusnadi mengakui, bursa calon Gubernur-Wakil Gubernur Jambi 2024 sudah bermunculan. Sebut saja Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Jambi Muhammad Fadhil Arief.

Lalu, Ketua NasDem yang juga Wali Kota Jambi Syarif Fasha, Ketua Demokrat Jambi Mashuri, Ketua Gerindra Jambi Sutan Adil Hendra. Kemudian di Golkar ada Cek Hendra dan Ketua DPW PDIP Jambi Edi Purwanto. Serta sejumlah tokoh lainnya. Jika para petinggi ini maju, jelasnya, akan terjadi pertarungan sengit dan keras karena sejumlah nama bintang itu.

Dedek menyebutkan, ada nama lainnya juga yang sering diperbincangkan masyarakat. “Artinya kontestasi Pilkada 2024 didominasi ketua partai dan kepala daerah,” jelasnya, kemarin.

Baca juga : KPK Amankan Dokumen Perkara-Perkara Yang Ditangani Hakim Itong Di PN Surabaya

Memang, akunya, kontestasi Pilkada 2024 di Jambi sangat menarik. Apalagi baru-baru ini Partai Demokrat menunjuk Mashuri menjadi Ketua DPD Demokrat Jambi.

Ia menyebut, terpilihnya Mashuri ini menambah “bintang” dalam kontestan Pilkada 2024. “Dampak terpilihnya Mashuri akan mengubah geostrategi politik parpol di Jambi. Apalagi sebelumnya di PPP ada Muhammad Fadhil Arief. Ini semakin membuat Pemilu Jambi semakin seru,” ujarnya.

Tapi yang menjadi perhatian juga, lanjut Dedek, masih ada partai yang belum memunculkan ‘bintang’ untuk bertarung di Pilkada 2024. Sebut saja Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia menilai, jika PKB mau tetap eksis, harus melakukan reposisi elite partainya. Demi mengimbangi parpol lain yang sudah berlari kencang.

“Bisa jadi Abdulah Sani berpeluang menahkodai PKB untuk mengimbangi kekuatan partai lain. Tak menutup kemungkinan kader lain berpotensi menahkodai PKB,” tuturnya.

Baca juga : Bandara Bintan Baru Ditarget Rampung 2023

Dedek menyebutkan, beberapa nama mungkin bisa menjadi referensi untuk PKB dalam memunculkan bintang. Menurutnya, hal ini harus segera dilakukan. Ada kader-kader muda potensial untuk menahkodai PKB, seperti Juanda Anggota DPRD Jambi.

“Ada Romi Haryanto, mantan Ketua DPD PAN Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) yang saat ini juga Bupati Tanjabtim dua periode,” paparnya.

Nama-nama yang sudah muncul ke khalayak ramai ini, menurut Dedek, cukup potensial menakhodai masing-masing partai menuju arah yang pasti untuk menang di Pilkada 2024. Hanya saja, lanjutnya, tinggal bagaimana para bintang ini bisa bersinar dan berlabuh dengan cerdas di benak para pemilih di Provinsi Jambi pada Pilkada 2024.

Soal Gubernur Jambi Al Haris, Dedek menjelaskan, faktor petahana saat ini menjabat MPP DPW PAN Provinsi Jambi, pada akhirnya akan menentukan ke partai untuk nantinya jadi partnernya.

Baca juga : Kemenpora Beri Pelatihan Peserta Sekolah Pemerintahan Dan Kebijakan Publik Golkar Institute

“Ini sangat berpengaruh padakonstelasi politik Provinsi Jambi. Dimana dia akan bernaung, sangat berpengaruh terhadap konstelasi Pilkada Jambi,” pungkasnya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.