Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Di Antara Parpol Nonparlemen

PKP Pendaftar Pertama Ke KPU

Senin, 1 Agustus 2022 07:40 WIB
Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) PKP Mayjen Marinir (Purn) Yussuf Solichien. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) PKP Mayjen Marinir (Purn) Yussuf Solichien. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) menjadi salah satu partai politik (Parpol) nonparlemen pertama yang mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 di jam pertama. Hari ini, Senin (1/8) tepat pukul 08.00 adalah jam pertama Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta Pusat.

PKP pun tambah pede. Mengingat partai yang didirikan Jenderal (Purn) Try Sutrisno ini akan daftar bareng parpol pemenang Pemilu 2019, yakni PDIPerjuangan, di jam yang sama. “Besok pagi (hari ini) pendaftaran ke KPU. Seperti komitmen saya saat pelantikan dan ulang tahun PKP, bertekad akan jadi partai pertama yang mendaftar ke KPU. Banyak yang pesimistis saat itu. Ternyata bisa. Kalau ada kemauan, pasti ada jalan, tidak ada yang tidak mungkin,” kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) PKP Mayjen Marinir (Purn) Yussuf Solichien saat mengumpulkan pengurus di Kantor DPN PKP di Jalan Cirebon 21, Menteng, Jakarta Pusat, kemarin.

Baca juga : Pastikan Jadi Pendaftar Pertama Pemilu 2024, PDIP Bakal Jalan Kaki Ke KPU Pagi-pagi

Yussuf akan didampingi sejumlah pengurus saat mendaftar. Seperti Sekjen PKP Irjen Pol (Purn) Syahrul Mamma dan Pengurus DPN PKP dan beberapa Ketua Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) PKP.

Pendaftaran di KPU pada hari pertama ini, kata Yussuf, menunjukan PKP sudah siap menghadapi verifikasi administrasi maupun faktual KPU. Kelengkapan persyaratan PKP telah 100 persen diunggah ke Sipol KPU.

Baca juga : Mentan Ajak Perbankan Perkuat Pertanian Indonesia

Kesiapan tersebut termasuk data dan dokumen pengurus, alamat kantor dan rekening bank di DPN Pusat, DPP Provinsi maupun DPK Kabupaten/Kota, pengurus di tingkat Kecamatan serta kesiapan 1000 KTA atau 1/1000 penduduk di setiap Kabupaten/Kota.

Dikatakan, menyiapkan pengurus, kantor, rekening bank dan KTA untuk 34 Provinsi, 514 Kabupaten/Kota, dan ribuan Kecamatan bukan hal mudah. Dengan segala kekurangan dan kelebihan, seluruh kader telah berjuang mati-matian, kerja keras, tak kenal waktu, dan pantang menyerah. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.