Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Masuk Radar Parpol Parlemen

Amran Bisa Tiru Jejak Jusuf Kalla

Kamis, 14 Juli 2022 07:40 WIB
Mantan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman. (Foto: Antara)
Mantan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, masuk radar parpol Senayan di bursa Pilpres 2024. Yaitu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Amran dianggap tokoh muda dari Indonesia Timur, yang cukup diperhitungkan.

Mulai dari PKB. Rayuan datang dari Wakil Ketua Umum Jazilul Fawaid. Wakil Ketua MPR-RI itu menyebut, pria berakronim AAS itu cocok dipasangkan dengan Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024.

Baca juga : Angkasa Pura l Siap Terapkan Syarat Baru Naik Pesawat

“Secara pribadi sebagai teman, saya setuju dan ikut mendorong. Memang tokoh Indonesia Timur hari ini itu Pak Amran, dan lebih baguslagi kalau bersama Pak Muhaimin,” ujar Jazilul.

Pria yang disapa Gus Jazil ini menyampaikan sejumlah alasan mengapa Amran cocok dipasangkan dengan Muhaimin. Pertama, Indonesia ke depan butuh harapan baru, tokoh-tokoh muda yang energik. “Nah ini dua-duanya orang energik untuk sebuah perubahan. Saya setuju sebagai Wakil Ketua Umum PKB,” tuturnya.

Baca juga : Capres Indonesia Timur Kudu Sekelas Jusuf Kalla

Selain itu, kinerja Amran dinilai cukup baik dan tidak mementingkan kepentingan pribadinya ketika menjabat sebagai Menteri Pertanian. AAS, dinilai sosok pekerja keras yang berhasil meraih kesuksesan dari bawah.

Faktanya, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Sulawesi Selatan (Sulsel). DPW PKB Sulsel juga menyuarakan agar Amran bisa berduet dengan Muhaimin atau Cak Imin di ajang Pilpres 2024. Secara pribadi, Gus Jazil ikut mendorong dan mengamini wacana tersebut. “Beliau tidak aktif di partai politik, tapi karyanya luar biasa. Kami berharap Pak Amran bersama-sama PKB, meskipun hanya saling diskusi. Secara pribadi dengan saya sangat baik hubungannya,” katanya.

Baca juga : Putrajaya Sepi Tapi Aman, Bisa Ditiru IKN Nusantara

Selanjutnya PAN. Khususnya DPW-PAN Sulawesi Selatan (Sulsel). Di sini, Amran masuk radar sebagai salah satu calon jagoan partai untuk Pilpres 2024. Tercatat, ada 16 dari 24 DPD PAN se-Sulsel mengusulkan nama Amran untuk bursa Pilpres.

Ketua DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi Djamal menilai, tokoh-tokoh dari daerahnya, harus menunjukkan kualitas kepemimpinan di tingkat nasional jika ingin mengikuti jejak mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.