Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jokowi Bakal Jadi Pemimpin Asia Pertama Kunjungi Ukraina

Rabu, 22 Juni 2022 13:50 WIB
Presiden Jokowi, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky (kiri) dan Presiden Rusia, Vladimir Putin. [Foto: Instagram/jokowi/leadervladimirputin/zelenskiy_official]
Presiden Jokowi, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky (kiri) dan Presiden Rusia, Vladimir Putin. [Foto: Instagram/jokowi/leadervladimirputin/zelenskiy_official]

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo akan menjadi pemimpin Asia pertama yang mengunjungi Ukraina dan bertemu langsung dengan Presiden Volodymyr Zelensky di sana. Kabar ini disampaikan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dalam keterangan pers virtual, Rabu (22/6/2022).

Kunjungan ini bakal dilakukan Jokowi setelah dia mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 pada Minggu (26/6) dan Senin (27/6). "Dari Jerman, Presiden Jokowi direncanakan mengunjungi Kyiv, Ukraina, dan Moskow, Rusia. Kunjungan ke dua negara ini merupakan kunjungan yang dilakukan dalam situasi yang tidak normal," ujar Retno.

Baca juga : Luhut: Nggak Gampang Cari Pemimpin Seperti Jokowi

Di Moskow, Rusia, Jokowi bakal bertemu Presiden Vladimir Putin. "Kunjungan ke dua negara ini merupakan kunjungan yang dilakukan dalam situasi yang masih tidak normal. Situasi saat ini masih sangat kompleks," papar Retno.

Retno menambahkan, kunjungan ini diharapkan dapat memberi kontribusi untuk meredakan ketegangan antara Ukraina-Rusia. "Kunjungan presiden ini menunjukkan kepedulian terhadap isu kemanusiaan dengan mencoba memberikan kontribusi untuk menangani krisis pangan yang diakibatkan perang," jelasnya.

Baca juga : Anies Baswedan, Andika Perkasa, Ganjar Pranowo

Menurut Retno, perang berdampak pada semua negara, terutama negara berkembang dan yang berpenghasilan rendah. Karenanya, sambung Retno, kunjungan ini diharapkan dapat terus mendorong semangat perdamaian di kedua negara tersebut.

Sebelumnya, sumber dari Kremlin menyebutkan, Presiden Jokowi akan bertemu Putin pada 30 Juni. "Ini akan menjadi kunjungan yang sangat penting. Kami sedang mempersiapkan untuk itu sekarang," kata sumber tersebut, dikutip dari Kantor Berita Rusia, TASS, dua pekan lalu.

Baca juga : Puan Usul Cuti Hamil Jadi 6 Bulan, Gus Nabil: Kami Siap Perjuangkan

"Presiden Indonesia Joko Widodo akan mengunjungi Moskow pada 30 Juni," pungkasnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.