Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ribuan Buruh Daftar Ke KPU, Sonny Pudjisasono Teteskan Air Mata

Jumat, 12 Agustus 2022 21:08 WIB
Ketua Majelis Rakyat Majelis Tingkat Pusat (MTP) Partai Buruh Sonny bersama
ribuan kader Partai Buruh mengiringi pendaftaran ke Kantor KPU, Jakarta, Jumat (12/8). (Foto: Istimewa)
Ketua Majelis Rakyat Majelis Tingkat Pusat (MTP) Partai Buruh Sonny bersama ribuan kader Partai Buruh mengiringi pendaftaran ke Kantor KPU, Jakarta, Jumat (12/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Majelis Rakyat Majelis Tingkat Pusat (MTP) Partai Buruh Sonny Pudjisasono menangis haru kala mengantarkan partainya mendaftarkan sebagai calon kontestan Pemilu 2024, ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), di Jakarta, Jumat (12/8).

Ikut iring-iringan konvoi ribuan kader dan simpatisan Partai Buruh, membuatnya merasa terharu bahwa partainya kini memiliki kepercayaan dan pengikut yang begitu besar.

Baca juga : Jalannya Bareng, Teriak Capresnya Beda-beda

Terlebih, mereka datang dengan semangat tinggi dan menggunakan identitas profesinya masing-masing.

"Saya terharu, melihat karnaval tadi, sampai meneteskan air mata bahagia," ujar Sonny, kepada RM.id, di kantor KPU, Jumat (12/8).

Baca juga : KIB Daftar Bareng Ke KPU, Pengamat: Soliditas Masih Terjaga

Mantan Ketua Umum Partai Buruh ini menceritakan, penantian yang cukup lama kepada partai ini untuk kembali berkontestasi di pesta demokrasi. Terakhir, di Pemilu 2009. Termasuk dua Pemilu sebelumnya, Partai Buruh belum terlalu banyak berbicara di kancah politik nasional.

Sonny optimistis Pemilu 2024 akan berbeda ceritanya. Partai yang kini dipimpin Presiden Said Iqbal ini diyakini bisa tidak hanya ikut pesta demokrasi, melainkan masuk menjadi salah satu partai di Senayan.

Baca juga : OSO: Kekuasaan Bukan Tujuan Akhir Parpol

Keyakinan ini, didasari antusiasme rakyat menyambut Partai Buruh. Termasuk, ketika ribuan massa berjalan tertib dari Tugu Proklamasi, hingga ke Kantor KPU.

Beragam kekuatan rakyat disajikan. Dari mulai buruh berseragam, petani yang membawa hasil kebun, hingga tukang becak. Harapannya, target meraih minimal 5,6 juta suara sah nasional di Pemilu 2024 bisa tercapai, atau sesuai ambang batas minimal parlemen. Hitungan ini, jauh lebih rendah dari hitungan partainya yang memiliki anggota serikat buruh yang mencapai 15 juta orang. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.