Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Meski Berasaskan Islam

Bulan Bintang Tegaskan Sebagai Partai Moderat

Selasa, 16 Agustus 2022 07:35 WIB
Wakil Sekretaris Jenderal PBB Bidang Kaderisasi dan Pencitraan, Solihin Pure. (Foto: Istimewa)
Wakil Sekretaris Jenderal PBB Bidang Kaderisasi dan Pencitraan, Solihin Pure. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Bulan Bintang (PBB) berkomitmen mencegah terulangnya polarisasi pada Pemilu 2024. Aksi nyata yang dilakukan partai pimpinan Yusril Ihza Mahendra ini bersikap menjadi partai tengah sebagai pijakan perjuangan politik.

“PBB partai tengah, yang memosisikan diri tidak ekstrem kiri dan juga tidak ekstrem kanan,” ujar Wakil Sekretaris Jenderal PBB Bidang Kaderisasi dan Pencitraan, Solihin Pure kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Penghargaan IRRI dan Sorgum Sebagai Pengganti Gandum

Bukan sekadar slogan, istilah partai tengah ini menjadi satu di antara tujuh poin Khittah Perjuangan PBB. Yaitu, menegaskan PBB sebagai partai tengah yang menghormati dan menghargai kemajemukan suku, agama, ras dan antar golongan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

Politisi asal Nusa Tenggara Timur (NTT) ini menjelaskan, PBB partai tengah adalah partai yang mengedepankan Islam yang moderat, juga rahmatan lil alamin. “PBB berada di tengah, ummatan wasatan yang adil bagi semua pihak dan golongan,” sebutnya.

Baca juga : Desa Sejahtera Astra Ekspor Perdana Produk Unggulan Perikanan Senilai Rp 6,5 M

Nah, karena berada di titik tengah, maka PBB saat ini tengah menghimpun seluruh suku, agama, ras, dan antar golongan untuk menjadi kader dan pengurus PBB dari Sabang sampai Merauke untuk berjuang maupun bekerja sama demi memakmurkan Indonesia.

Sikap ini selaras dengan firman Allah SWT dalam Al Qur’an pada Surat Al Hujurat Ayat 13. “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal,” jelasnya.

Baca juga : Mendag Musnahkan 750 Bal Pakaian Bekas Senilai Rp 8,5 M

Menurutnya, semangat partai tengah ini sudah diterapkan di kepengurusan PBB. Misalnya, tingkat kepengurusan daerah di Papua, NTT, Sulawesi Utara, hingga Bali. Di daerah tersebut, banyak kepengurusan DPW, DPC dam PAC, beragama selain Islam.

“Beragam Agama, kita terbuka. Misalnya di Bali, banyaksaudara kita dari Agama Hindu dan Budha yang direkrut menjadi pengurus Kabupaten Kota, hingga Kecamatan,” sebutnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.