Dark/Light Mode

Mau Koalisi Sama PKB Atau PDIP

Prabowo Dan Gerindra Tetap Hoki

Jumat, 9 September 2022 08:00 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri ) dan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (kanan) beserta jajaran petinggi partai saat melakukan pertemuan di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/9/2022). (Foto: Dwi Pambubo/RM)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri ) dan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (kanan) beserta jajaran petinggi partai saat melakukan pertemuan di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/9/2022). (Foto: Dwi Pambubo/RM)

 Sebelumnya 
Jika duet Prabowo-Puan yang muncul, bukan hanya Gerindra yang bakal ketimbang untung secara elektabilitas partai. Namun, duet ini diprediksi memiliki peluang menang yang tinggi. Terlebih, didukung tiga partai besar. PDIP-Gerindra-PKB.

Kelakarnya, tidak sulit bagi koalisi ini untuk meluluhkan hati Cak Imin untuk tidak maju sebagai kandidat di Pilpres 2024. Menilik pesta demokrasi lalu, Wakil Ketua DPR itu juga bersedia mendukung Kiai Ma’ruf Amin menjadi cawapresnya Joko Widodo.

Baca juga : Pengamat: Peluang Koalisi PDIP-Gerindra Terbuka Lebar

“Cak Imin memang membawa hoki siapa yang diusungnya. Pasti menang. Apalagi, Cak Imin dengan Megawati itu juga dekat,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pertemuan antara Prabowo Subianto dan Puan Maharani pada akhir pekan lalu merupakan rangkaian kegiatan safari politik dari pimpinan PDIP.

Baca juga : Muzani: Prabowo Dan Gerindra Komit Sejahterakan Petani

Kendati sudah melangsungkan pertemuan, Dia merasa sulit bila kedua partai langsung menyatakan untuk berkoalisi. Apalagi, pertemuan dua pimpinan partai itu kali pertama dalam menyambut Pilpres 2024.

“Yang ada adalah kesepaha­man untuk bersama-sama menghadapi Pemilu dan bagaimana memikirkan nasib bangsa dan negara ke depan,” ujar Dasco, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (5/9).

Baca juga : KUHP Warisan Dari Belanda Siap Diganti

Namun, Dasco mengatakan, koalisi Partai Gerindra dan PDIP dapat terbentuk. Apalagi, koalisi Partai Gerindra dan PKB masih sangat terbuka terhadap partai lain untuk bekerja sama dalam Pilpres 2024. “Kita sudah sampaikan bahwa koalisi Gerindra-PKB itu tidak menutup juga kerja sama. Sangat membuka diri dengan partai lain. Sehingga apa pun nanti akan diputuskan bersama,” sebutnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.