Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Usai Deklarasi Gerindra-PKB, Prabowo Ungguli Ganjar Dan Anies

Sabtu, 10 September 2022 09:31 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indostrategi Research and Consulting kembali merilis survei bursa Capres 2024. Hasilnya, posisi puncak ditempati oleh Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto, mengungguli Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Posisi elektabilitas tiga besar masih dipuncaki oleh Prabowo dengan 31,3 persen, Ganjar 20 persen, dan Anies 14,9 persen,” ujar Direktur Indostrategi Research and Consulting, Arif Nurul Imam, saat merilis survei secara daring, Jumat (9/9).

Arif menilai, ada dua indikator mengapa Prabowo bisa unggul. Pertama, dipicu deklarasi koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) yang dimotori Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baca juga : Sandi Patuh Ke Prabowo

Di tambah, publik menganggap baik kinerja Prabowo selaku Menteri Pertahanan. Penilaian terhadap Ganjar dan Anies justru bertolak belakang. Kedua kepala daerah itu justru mengalami stagnasi. Asumsinya, publik belum melihat kinerja dari kedua tokoh ini sehingga cenderung melirik tokoh lain.

“Tampaknya, publik menyadari apa yang dipertontonkan di media sosial oleh beberapa tokoh yang berhasrat menjadi Capres belum tentu benar adanya, hanya berupa pencitraan untuk meraih simpati dan dukungan saja. Bukan yang sebenar-benarnya,” ungkapnya.

Dirincikan, pemilih terbesar Prabowo dari parpol terbesar dari Gerindra sebesar 14,7 persen, PDIP 4,1 persen, PKB 3,5 persen, Perindo 1,5 persen dan Golkar 1,2 persen. Ihwal ini, pemilih Gerindra cenderung solid mendukung Prabowo.

Baca juga : Elektabilitas Prabowo Subianto 31 Persen, Ganjar Dan Anies Diam Di Tempat

“Tampaknya pernyataan Sandiaga Uno yang siap menyatakan diri menjadi capres tidak berimbas sama sekali terhadap pemilih Prabowo dan Gerindra,” kelakarnya.

Sementara Ganjar, pemilih terbesarnya ada di PDIP sebesar 8,5 persen. Hitungannya, ini belum maksimal karena Partai Banteng belum secara definitive mengusung Capres 2024. Apalagi, pemilih PDIP lebih loyal terhadap partai dibanding capres yang diusung.

Partai selanjutnya adalah PKB sebesar 1,4 persen, Golkar 1,4 persen. Kemudian Anies. Pemillih parpol dari PKS sebesar 2,5 persen, PDIP 2,2 persen, Gerindra 1,5 persen, NasDem 1,4 persen dan PKB 1,2 persen. Di bursa parpol, PDIP konsisten berada di puncak. Disusul oleh Gerindra dan PKB.

Baca juga : Lestari: Butuh Gerak Bersama Percepat Penanggulangan Stunting

Bertenggernya Gerindra dan PKB di posisi tiga besar menurutnya adalah efek dari koalisi kedua partai ini. Selanjutnya, dikejar dengan selisih tipis oleh Partai Golkar dan Partai Demokrat.

Untuk diketahui, survei ini dilaksanakan pada 29 Agustus-5 September 2022 melalui wawancara langsung terhadap 1230 responden yang memiliki hak pilih.

Survei ini memiliki margin of error +/- 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Pencuplikan sampel menggunakan metode multistage random sampling atau rambang berjenjang. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.