Dewan Pers

Dark/Light Mode

Pengamat: Kepemimpinan Politik Airlangga Beri Ruang Lebih Besar Untuk Anak Muda

Sabtu, 10 September 2022 10:33 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Dwi Pambudi/Rakyat Merdeka)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Dwi Pambudi/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemunculan Airlangga Hartarto dalam konstelasi kepemimpinan politik di Indonesia dinilai memberikan harapan positif bagi anak muda.

Ketua Umum Partai Golkar tersebut dinilai memberikan ruang yang besar bagi kehadiran pemimpin dan politisi muda dalam panggung nasional maupun daerah.

Menurut peneliti Litbang Kompas Arita Nugraheni, hal ini bisa menjadi modal bagi Partai Golkar menggaet pemilih muda di Pemilu 2024 nanti.

Berita Terkait : Banteng Kudunya Berani Capresin Puan Maharani

Saat menjadi narasumber diskusi online 'Anak Muda Dalam Pusaran Politik', Kamis (8/9) lalu, yang diadakan oleh platform media sosial @Golkar2024, Arita menyatakan, partai politik perlu lebih aktif dalam memahami dan melakukan pendekatan terhadap para pemilih muda yang jumlahnya sangat besar pada pemilu 2024 nanti.

Arita juga menjelaskan terkait perilaku memilih anak muda dan persepsi mereka terhadap politik. Menurutnya, anak muda menilai sosok calon pemimpin rakyat tidak hanya disebabkan oleh popularitas. Namun juga dinilai dari hasil, kinerja dan karya atau prestasi dari tokoh tersebut.

"Dari hasil penelitian kami, aspek kepedulian dan keberpihakan yang nyata dari seorang kandidat atau pemimpin publik terhadap berbagai kebutuhan dan aspirasi anak muda, justru akan sangat menentukan di mata pemilih muda dalam menentukan pilihannya saat pemilu," ungkap Arita, dikutip Sabtu (10/9). 

Berita Terkait : Pengamat: Airlangga Sosok Capres Yang Banyak Kerja, Tak Suka Pencitraan

Arita menyatakan, di antara sejumlah nama kandidat yang muncul dalam survei, nama Airlangga Hartarto yang merupakan Menko Perekonomian memiliki atensi tersendiri di mata anak muda.

"Isu ekonomi, UMKM, lapangan kerja dan transformasi digital adalah isu anak muda. Saya juga lihat sejumlah pemimpin partai, anggota legislatif, para staf utama di Kemenko Perekonomian, sampai pendukung serta relawan Airlangga banyak diwarnai oleh wajah anak-anak muda berkualitas. Airlangga menurut saya memberikan ruang yang besar bagi anak-anak muda tampil," sambungnya.

Dalam diksusi yang diadakan oleh Golkar2024 secara virtual, turut hadir tokoh pemimpin muda Partai Golkar. Dave Laksono, yang juga anggota Komisi I DPR RI, menyatakan Partai Golkar memang serius dalam melakukan pendekatan kepada para anak muda yang menurutnya merupakan penentu masa depan Indonesia.
 Selanjutnya