Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

SBY Dituding Pro Amerika, Ibas Tegaskan Demokrat Cinta Tanah Air

Rabu, 28 September 2022 12:10 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono. (Foto: Ist)
Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas menegaskan bahwa partainya pro Indonesia. Ibas juga menyampaikan bahwa momentum Pemilu maupun Pilpres 2024 adalah untuk kepentingan bangsa, bagaimana mewujudkan Indonesia yang lebih baik. 

“Kita harus ingat dan perhatikan bersama bahwa momentum Pemilu maupun Pilpres 2024 yang akan datang bertujuan untuk kebaikan Indonesia, harus memihak pada tanah air. Momentum untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan sejahtera. Presiden 2024 akan dan harus ‘Indonesia First’, mengedepankan kepentingan Bangsa Indonesia,” kata Ibas, dalam keterangannya, Rabu (28/9).

Baca juga : Ibas Tegaskan SBY Dan Demokrat Pro-Indonesia

Menurut Ibas setiap momen Pemilu, negara adidaya punya kepentingan terhadap Indonesia. Dia bilang Indonesia harus tetap menjadi negara berdaulat. Kepentingan nasional harus menjadi poin utama dalam penentuan kebijakan, bukan negara lain.

“Negara-negara asing baik Amerika, Rusia, China, maupun negara lainnya, tentunya memiliki kepentingan masing-masing terhadap negara Indonesia," tegasnya. 

Baca juga : DPR Dukung SE Mendagri Soal Mutasi Dan Pemberhentian ASN

Ketua Fraksi Demokrat DPR itu menegaskan bahwa partainya berada di posisi netral. Tidak condong ke Amerika ataupun China. “Kami sendiri dibilang pro Amerika, tentu tidak. Dibilang pro China juga tidak. SBY ini Pro Indonesia, Ibas ini pro Indonesia, partai Demokrat pro Indonesia,” tegasnya. 

Kata dia, pada masa pemerintahan SBY alias Susilo Bambang Yudhoyono, semua negara dirangkul. Termasuk Amerika dan China. "Beliau beberapa kali kunjungan ke Amerika dan membangun kemitraan strategis dengan Amerika. Dengan China juga demikian, beliau beberapa kali mengundang investor China hadir ke Indonesia. Begitu pun beliau sempat berkunjung ke China, dan hubungannya sangat baik,” tuturnya. 

Baca juga : OTT Di MA, KPK Amankan Sejumlah Mata Uang Asing

Sebelumnya, politisi partai NasDem Zulfan Lindan bicara peran Amerika Serikat terhadap perpolitikan di sejumlah negara. Zulfan mendengar bahwa SBY memiliki gelar golden boy of America atau anak emas Amerika.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.